Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar Lanjutkan Belanja
Added to Wishlist
OK

Cinta yang Akan Mendamaikan Segalanya

Diposkan: 10 Oct 2018 14:04:11 PM Dibaca: 382 kali


Oleh: Andri Saptono

 

Oh, kalian mungkin menganggap aku sebagai anak durhaka. Tetapi, sebaliknyalah tidak bisa disebut seorang ibu durhaka kepada anaknya. Ya, Ibuku, memang perempuan biologis yang melahirkanku. Namun, aku lebih memiliki seribu alasan untuk membencinya. Dia tak lebih dari gambar seorang perempuan yang hanya pernah kulihat dari sebuah foto usang hitam putih, yang menggambarkan sedang meneteki aku ketika lahir. Tetapi sebutan macam apa yang pantas baginya, seorang ibu yang tega menelantarkan anaknya dan minggat bersama seorang wartawan dari Jerman, tak peduli nasib anaknya yang masih bayi. Lantas, apakah ibu semacam ini pantas menyandang sebutan mulia sebagai ibu?

Kalian dan aku adalah sama. Manusia yang ingin merayakan cinta dan menjauhi rasa sakit. Namun, kebencian di hatiku kadung menghitam pekat. Jika bukan karena perempuan tua yang merawatku itu yang membuatku mengenal kasih sayang manusia, aku akan menjelma iblis bertubuh manusia. Dengan senang hati akan kutahbiskan diriku sebagai Lucifer, raja iblis dan kegelapan untuk menghancurkan dunia ini ke dalam kerak api neraka.

Kawan, perasaan ini, kau akan memahaminya jika berada dalam posisiku. Kau tahu hasrat manusia menjadi iblis itu menjadi lebih besar ketika tak ada cinta dalam nadi hidupnya.

baca juga: Toko Serba Ada: Puisi-puisi Galeh Pramudianto

Ya, perempuan tua itulah yang membesarkan aku dengan cintanya. Berkat kasih sayangnya, kini aku mampu melakoni kehidupan sebagai manusia yang mengalir darah dan menetes air mata.

Kini perjalanan pulang ke hutan larangan ini semata ingin menemuinya. Sungkem di kakinya dan membasuh peluh yang kerap netes di dahinya. Ini adalah kunjungan pertamaku untuk pulang ke rumah masa lalu. Setelah bertahun-tahun di rantau kini akhirnya aku bisa mengambil cuti dari pekerjaan yang tak pernah habisnya di ibukota. Perjalanan bis malam dari Jakarta ke Solo, lantas bertukar bis ke arah Karanganyar. Menuju sebuah rumah tua di pinggir danau itu. Rumah yang selalu membayang dalam ingatan meski tahun-tahun berlalu. Rumah desa berlantai tanah, berdinding bambu serta sebuah dapur tungku dari tanah liat alias pawon.

Aku mengingat jelas masa remajaku dulu bersamanya. Setiap pagi duduk di amben bambu dengan suguhan segelas kopi dan pisang rebus. Perempuan itu akan bertutur tentang kisah batu-batu di samping rumahnya yang melegam oleh jaman. Sebuah prasasti lama tentang kisah asmara seorang putri cantik dengan seorang pangeran yang kandas binasa karena perbedaan ideologi. Kisah yang menjadi hidup ketika perempuan itu bertutur tentangnya. Namun, entah mengapa kisah itu tak pernah sendiri. Seperti sudah direncanakan sebelumnya oleh sang penutur, dengan cepat kisah itu akan berganti kisah lain tanpa bisa kuprotes. Sebuah kisah hidup seseorang yang entah mengapa aku selalu memasang kuping alih-alih meluap perasaan benci setelah mendengarnya.

Ya, kau pasti tahu kisah siapa yang kumaksud itu...

Tapi, kemudian aku belajar menulikan telinga ketika kisah itu dituturkan. Kau hanya perlu memejamkan mata dan memikirkan sesuatu yang lain yang kaubenci dalam hidupmu. Ketika cerita itu usai, kau sudah tak mengingat apa-apa selain kebencian yang kekal!

***

baca juga: Toko Serba Ada: Puisi-puisi Galeh Pramudianto

Akhirnya, hujan gerimislah yang menyambutku ketika menyusuri jalan di pinggir waduk. Agak mengherankan sempat kulihat seorang pemancing masih setia menunggui kailnya tersangkut ikan. Tak peduli dengan baju yang basah oleh hujan maupun senja yang berangkat menuju kelam. Kupikir orang itu bukan penduduk sini yang tidak akan berani mancing di waduk ini karena mitos keangkeran ikan-ikan di waduk ini. Konon, siapa yang mendapat ikan lele bertubuh belang ia akan mendapat celaka.

Aku pun melangkah dengan bergegas takut hujan bertambah deras. Untunglah ranselku tak memberati punggung. Hanya beberapa potong pakaian salin, buku novel dan catatan kosong tempat biasa aku menulis jurnal perjalanan. Tetapi, ketika sampai di halaman rumah terasa aku disambut kesunyian. Ya, rumah ini kelewat sepi dan terlantar. Pintu terpalang gembok berdebu. Sebagian atapnya telah roboh dan jatuh ke tanah. Firasat buruk menumbuk dada. Apakah ini amsal gerimis sepanjang jalan pulang?

Aku berlari menuju sebuah rumah yang tak jauh dari tempat itu. Kudapati seorang kakek tua sedang membelah kayu di beranda ditemani ketela rebus dan teh hangat mengepul yang ikut menerbitkan rasa laparku. Oh ya, setahuku hanya satu rumah gubug saja di pinggir hutan ini. Tetapi sekarang sudah ada dua-tiga rumah di sini meskipun tidak permanen semua.

baca juga: “Rahim Hangat” Bukan Pencapaian Feminisme!

Kakek tua itu sejenak menatap kedatanganku. Keringat menetes dari wajahnya yang segar meski telah nampak berumur, wajah seorang pekerja keras.

“Maaf Kek, mau nanya, Ibu Surti yang tinggal di rumah depan sekarang pergi kemana? Rumahnya kok kosong?"

Kakek tua itu sejenak memandangi ke rambut dan kakiku.

"Cah Bagus ini siapa ya?"

"Saya dulu ketika kecil pernah tinggal di rumah itu, Kek. Bisa dibilang saya kerabatnya."

Kakek tua itu sejenak mengangguk.

"Apakah nama adik ini Sulaeman?"

"Iya, benar Kek. Darimana Kakek tahu?"

"Sebentar," ujarnya malah tak menjawab pertanyaanku. Ia masuk ke dalam dan tak lama muncul sambil membawa benda yang sangat kukenal selama dulu aku tinggal di sini. Sebuah kotak kayu cendana berwarna gelap. Tampaknya kayu itu masih terlihat bersih dan terawat seperti yang dulu kuingat. Terasa dadaku sesak oleh kesedihan tiba-tiba.

"Sebelum meninggal ibu Surti menitipkan ini. Beliau berkata, nanti pada saatnya akan ada seorang pemuda yang datang mengambilnya. Mohon terimalah ini."

Aku tahu bahwa setiap orang pasti meninggal. Namun ada cairan panas yang meleleh jua dari mata. Sungguh aku merasa bersalah, empat tahun ini sama sekali tak sempat mengunjunginya. Orang macam apakah aku? Tak bisa berbakti kepada orang yang telah membesarkanku. Setidaknya, melakukan sesuatu yang membuat ia bahagia di sisa umur hidupnya.

"Kapan beliau meninggal?" tanyaku.

"Genap satu tahun ini. Tetapi dia pergi dengan damai. Sungguh, tak ada orang sebaik dia."

baca juga: Kisah Wilde dan Sembilan Kisah Lain

***

Kotak itu kurencanakan kubuka di dalam rumah nanti malam. Namun sebelumnya aku harus membersihkan rumah yang sekarang lebih mirip sarang hantu itu. Kubuka jendela yang ada tiga biji dan kusapu lantai dalam rumah yang debunya setinggi satu centimeter. Selama satu jam bergelut dengan debu akhirnya aku bisa merebahkan diri di amben yang menjadi penghuni satu-satunya di gubuk itu.

Kuamati tungku tanah yang pastilah selama ini mati. Dapat kulihat bayangan perempuan itu terlukis di depanku dengan jelas. Bagaimana dia berjongkok di depan tungku sambil meniup-niup api untuk menjerang air.

Aku berinisatif menghidupkan pawon itu. Kerja kerasku membuahkan hasil. Tak beberapa lama api berhasil menyala. Asap tungku kayu juga ampuh mengusir nyamuk-nyamuk yang mulai menyapaku.

Tepat pada adzan Isya lelaki itu mengetuk pintu. Ia membawakan lampu penerangan dan makan malam untukku berupa nasi gudeg dengan lauk ayam bakar.

"Jadi merepotkan, Pak?"

"Bu Surti juga bilang agar saya melayani tamunya. Jadi ini memang sudah tugas saya."

Aku mengucap terima kasih. Dan kesepian kembali menyergap sempurna setelah laki-laki itu berlalu. Kupandangi tungku seakan hidupku bergantung pada nyala api yang berdetus memakan kayu itu.

Tapi kesepian juga mengirimkan ingatan lain tentang pertemuan kami. Apa yang ia katakan di akhir-akhir kebersamaan kami tak pernah sama sekali hilang dari benakku.

"Ibumu menitipkan sebuah kotak kayu cendana. Pesannya agar aku memberikannya padamu kelak kalau tiba waktunya. Ya, ketika hatimu mau berdamai dengannya.””

Memang perempuan tua itu tak putus asa untuk melunakkan hatiku yang keras membatu. Tapi, tetap saja kutolak kotak kayu itu dan kukatakan aku tak berminat ingin tahu.

"Ibumu dulu punya alasan untuk pergi ke Jerman. Dia tidak semata-mata meninggalkanmu. Sebagai anaknya, kau tak boleh membencinya sekeras itu.”  pungkasnya.

Ya, sekian lama aku bersitegang dengan hal ini, kuputuskan untuk membuang nama perempuan yang melahirkanku itu dari hidupku. Tetapi, hal itu ternyata tidak mudah. Dan hanya ada satu cara untuk menghapus nama itu dari dalam hatiku. Maksudku, aku harus menerima kepahitan apapun itu agar namanya hilang dari hidupku.  Aku harus mau mendengar kisah sebenarnya tentang dirinya untuk yang pungkasan, dan kemudian selamanya melanjutkan hidupku tanpa nama itu. Dan ini adalah tujuan aku kembali ke tempat ini.

Ya, sekarang aku telah memenuhi janjiku pada perempuan itu. Aku pulang ke sini lagi untuk mengetahui rahasia ibuku.

Namun, entah mengapa sekarang aku malah enggan membuka kembali pintu masa lalu itu. Aku merasa tak peduli bahkan. Justru aku malah merindukan tuturan perempuan tua itu tentang batu prasasti di samping rumah ini. Tentang seorang raja yang terbunuh demi merebut kekasihnya, dan bukan sama sekali kisah seorang penari perempuan yang lari dengan wartawan dari Jerman. Konon, namanya berganti Marinka di sana.

Pelan merambat malam. Tengah malam telah tergelincir beberapa lalu. Hanya api pawon sesekali berdetus menemani kesendirianku. Tiba-tiba aku mencium bau kamboja yang pekat. Bulu kudukku berdesir. Kuamati sekeliling. Namun tak ada apapun di tempat itu.

Apakah hantu Bu Surti hendak datang menemuiku?

Oh, aku tak keberatan sekadar hantunya datang pada malam ini. Sungguh perasaan kesendirian ini lebih menyiksa daripada bertemu hantu mengerikan.

Dini hari itu pelupuk mataku terasa berat. Kurasa aku memang benar-benar sudah saat sebuah tangan lembut menepuk pundakku. Di ambang kesadaranku kulihat seorang perempuan cantik bersyal kelabu berdiri di depanku. Ia tersenyum dan menyuruhku membuka kotak kayu yang berada di pangkuanku.

Sungguh, saat itu aku begitu terpesona, entah karena keayuannya atau pancaran matanya itu membuatku tak mampu menolaknya. Akhirnya kubuka kotak cendana itu. Tak ada apapun di kotak itu selain sapu tangan dan sebuah buku harian yang masih terawat warna dan sampul kulitnya. Lagi, perempuan ayu nan sempurna itu mengangguk, menyuruhku untuk membaca buku harian bersampul kulit itu.

 

baca juga: Di Indonesia, Bahaya Laten Abad XXI itu Harus Tetap PKI

***

Suara-suara masa lalu itu telah pergi ketika matahari mengetuk jendela pagi dan memasukkan cahayanya yang kemilau ke dalam gubuk. Kuhirup udara yang bersih dan sejuk seakan sekian lama tak merasai perasaan hidup seperti ini.

Ya, semalaman kubaca semua risalah masa lalu di dalam kotak itu dan kupahami makna sehelai sapu tangan sebagai lambang perpisahan dan kenangan yang harus kusimpan.

Kini aku mau mengerti dan memahami ibuku dan siapa bapakku yang sebenarnya. Bahwa Ibuku telah menderita selama di desa ini saat pembersihan PKI tahun 1965. Ketika satu sama lain berperang mereka tidak hanya membunuh para lelaki yang tertuduh PKI, tapi ada beberapa setan yang juga menyeret para perempuan untuk diperkosa. Tahulah bahwa aku adalah anak haram kerusuhan yang tak jelas nasab ayah kandungnya.

Setelah melahirkanku Ibu akhirnya memilih pergi dengan si wartawan Jerman itu karena penduduk desa mencerca Ibuku sebagai aib. Namun, Ibu Surti yang justru menerima kami. Ia bersikeras memeliharaku walaupun harus ikut terusir dari desa dan tinggal di hutan larangan ini.

Aku pun telah belajar memahami hidupku. Kisah prasasti hitam yang diceritakan oleh Ibu Surti yang selalu menjadi pengantar sebelum kisah ibuku bermula, sebenarnya adalah tamsil kisah kerusuhan di desa ini, yang sengaja tak ingin digamblangkan oleh perempuan tua itu. Alih-alih dengan kisah itu jualah ia mendongengkan dan membuatku tetap teguh percaya bahwa cinta yang akan mendamaikan segalanya. Ya, Bu Surti telah menjadi martir bagi sebuah kebajikan, meskipun ia harus membayar dengan seluruh hidupnya.

Lereng Lawu, September 2018

 

  •  

Andri Saptono, Penulis tinggal di Karanganyar, karyanya dimuat di Republika, majalah Gong, Basis, Femina, Nova, SoloPos, PawonSastra. Novel terbarunya Candik Ayu Segaramadu (Divapress) dan Martir (Oase, 2018)



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

TESTIMONI

  • paketnya sudah sy terima. rasanya spt dpt harta karun jarang2 bisa dpt buku kyk gini. penjualnya sangat membantu dan responnya cepat sekali. terimakasih banyak. moga2 nanti bisa balik lagi n belanja disini.

    Arisnawaty
  • Terima kasih untuk promo beli 2 gratis 1 nya dan terima kasih pula untuk packing yang rapi dan bonus yang diberikan

    Eko Budi Prassetyo
  • Saya suka motto mu Kawan, "Membaca adalah Melawan!"

    Andreas
  • Recomended untuk kawan-kawan

    Ilyas
  • Tidak kemana2 tapi dari mana2 :) Good Job Berdikari

    Mutiara
  • Paket sampai sesuai dgn perkiraan waktu dan packaging rapi

    Nabila
  • Cepat sampai.. Cepat respon bagus pelayananny

    Amanda
  • paket sudah di twrima,packing rapih

    Budhie
  • Kapan-kapan bisa main langsung ke Berdikari ini

    Erik
  • paket rapi dan buku mendarat dengan aman. sepertinya bakal balik lagi ke berdikari book recommended untuk kawan- kawan mau belanja buku

    akbar
  • Belajar

    Abeng
  • Packaging rapi banget! Pelayanan cepat dan estimasi tepat. Koleksi buku juga banyak. Maju terus, Berdikari! Mari membaca untuk melawan!

    Nada
  • Barang sudah sampai, pelayanannya bagus dan cepat.

    Dena Diana Putri
  • Paket received,, tres bien berdikari

    Christy
  • Terimakasih berdikaribook.red paketnya sudah sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Buku2 yg dijual sangat recommended!!!

    Fikar
  • Benar-benar dunia membaca yang menggerakkan mulut saya untuk tidak bungkam!

    Fird
  • Paketnya sampun diterima.. Terimakasih

    Budz
  • Terima kasih berdikari book buku sudah sampai tepat 1hari (pagi yg miring kekanan) #membacaadalahamelawan

    Trad (Tradizione)
  • Bukunya sudah sampai, terimakasih Berdikari Book. Semoga ketersediaan bukunya semakin beragam. Membaca adalah melawan!!

    Andika agung gondo kusumo
  • Mantep! Tiba sesuai estimasi, respon oke.

    Osep Bana
  • Terima kasih, Berdikari Book. Kami jauh dari ujung atas Sumatera.. tapi bukunya sampai dengan cepat, aman & sentosa.. Ada bonus pembatas buku & stiker pula.. Berdikari Book semoga tetap Merdeka..!

    Irfan Morris
  • Paket buku mendarat dengan selamat. Terimakasih BerdikariBook

    Sinatrian Lintang Raharjo
  • Terimakasi berdikaribook, kayanya bakal balik lagi dah

    Niko Fajar
  • Buku udah nyampe, tpi sedikit penyet tapi sedap di baca

    Fany fatullah
  • Kalau sudah kirimkan uang , konfirmasinya bisa lewat wa ga?

    Burhanudin
  • Packingnya rapi banget. Bukunya ga ada lecet sedikitpu. Rekomended bgt buat yg nyari buku2 bersifat idealisme. Beli buku disini Dapat sticker keren pula.

    Ayu
  • Sudah 2x beli disini, sangat recomended! #MembacaAdalahMelawan

    Mr. A
  • Buku-bukunya keren-keren broh. Ketagihan kalo udah di web sini. Pasti.mau beli sesuatu...

    Docallisme
  • bukunya sudah mendarat dengan selamat, makasih admin.

    muslimah syawals
  • Buku sampai pada tujuan dengan baik.

    Fikri
  • Pengirimannya lama padahal sama-sama di Yogyakarta

    Anonim
  • Paket sudah sampai..terimah kasih

    Hengky.H
  • Syukak bukunya, Cepat di proses cepat juga datangnya

    Mulyy mustafa
  • Paket sudah diterima. Sesuai ekspetasi. Terimakasih atas bonusnya bydewey n_n

    Indra Kurniawan
  • Pelayanan sangat mantap

    Albert Aldo Hugo Kenneth Gultom
  • Thanks der, barangnye udah sampe, giting abis.

    Dimas
  • Pelayanan ramah, cepat, dan akurat. Packing rapih bngt, dan dpt free 1 buku tambahan, free sampul, free stiker. Bikin nagih beli lagi. Good job (y)

    Yusuf Wibowo
  • Pelayanan ramah, cepat, serta sistem website yang baik dalam memudahkan pembeli untuk mengecek barang yang dibelinya. Toko buku online Indonesia #1 yang pernah saya temui.

    Rafi Alifudin
  • Bukunya Sudah Sampai dengan Sangat cepat.... Terima Kasih Berdikari

    Fitra Sugiyono
  • Buku sudah saya terima, selalu suka sma packaging berdikari dan terimakasih stikernya

    Vischa
  • Mulai dari buku, pelayanan bahkan sampe pembungkus paketnya bikin nagih, wkwk. Gak sabar buat order lagi. Sukses terus berdikari book !

    Permata K.
  • Paket sampai sesuai jadwal dan packing rapi. Mantap. Suwun, dab!

    Komang Raditya Gunarsa
  • Keren buku2nya. Tidak akan mengecewakan

    Arief Setiawan
  • Barang sampe dengan selamat, makaseh berdikari jadi tongkrongan isinya ga push rank doang

    Maulana Yusuf
  • Bukunya sdh sampai.., packingnya juga bagus dan rapih, recomended untuk yang ingin menambah ilmunya dengan membaca

    andi
  • Mantab bener emang, paket yg dikirim bener2 rapi membuat semakin termotivasi untuk membaca. Panjang umur perjuangan bung!

    Rafli
  • Paket sudah sampai, Terimakasih berdikari book.

    Lannie
  • Buku dh sampe, cepet, rapi, bungkus unik. Trims

    Miqdad
  • Mantap gak harus nunggu lama buku cepet sampe , packing rapih

    Fiqih jati
  • Barang sudah sampai bung, Terima kasih berdikabook semoga bukunya bermanfaat. "Baca terus sampe mampus"

    Wirahadi Kusuma damar
  • Baca, Baca, Merdeka lah ! Paket Buku BBM-nya sudah sampai di bogor dengan selamat sentosa, packing nya rapih, prosesnya cepet, jadi ketagihan pengen order buku disini lagi. Mantap Bung!

    Topik
  • Paketnya sampai sesuai estimasi & di kemas secara apik. Keren. Membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca. Terima kasih Berdikari Book.

    Saiful
  • 2 hari nyampek tujuan dengan mulus bukunya

    Zulva
  • bukunya menarik", juga admin dan pelayanan di tempatnya sangat baik. recommended sekali.

    Rifky
  • Paket sudah saya terima,terimakasih

    Cahyani Aulia Hidayah
  • Paket bukunya sudah diterima dengan baik, Terima Kasih Berdikari Book, Makin sukses jaya dan makin lengkap opsi buku2nya.

    Nisa Basti
  • Bukunya sudah saya terima. Packing yang rapi, aman dan kalimat di sampulnya sangat menggugah untuk membaca, membaca dan terus membaca........ Terima kasih sudah dibantu untuk proses ulang pemesanan. Terima kasih....

    Danang Anggoro
  • Buku ini melebihi ekspektasi saya, bener bener bagus,saya merekomendasikan buat beli buku disini, karena pelayanan yang terbaik dan memuaskan. good job berdikari book!

    Sultan H
  • Buku yang dipesan datang tepat waktu, sukses selalu buat Berdikari Book!

    Mujahid
  • Mantap banget bung! Pelayanan yang memuaskan. Paling suka buku Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle.

    Widya Retno Palupi
  • Buku sudah sampai dengan selamat, dengan kondisi yang masih mulus, terima kasih

    Murdianto Dian
  • Pesanan saya sudah sampai. Terharu dan senang sekali rasanyaaaa :') pengirimannya cepat, packaging-nya menarik, waktu buka isinya.. Kaget. Banyak banget kertas-kertas kecilnya. Terima kasih, semoga sukses selalu dan semakin maju. ILYA♥

    Safira PN
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Buku udah nyampai,packing rapi. Bacaan memarik tentang pangan dan paket mengenal Tiongkok.

    Ikhsanrosyid
  • Rindu berdikari

    Resty Yasqi
  • Puas banget, packingnya rapih mantap deh

    AGUSTIO
  • Tepat waktu. Baru sampai dan balutan merah yang rapi. Tapi, tolong ijinkan saya sedikit menambahkan sebuah kata di salah satu stiker berdikaribook.red.

    Uncle Tob
  • Terima kasih paket sudah sampai dengan bonus-bonusnya

    Yose R
  • Sudah datang

    Amami
  • Paket sudah diterima komandan, kondisi rapi&memuaskan

    Erlian afna r
  • paket sampai dengan selamat sentosa.

    banu
  • terima kasih . buku mendarat dengan aman dan sempurna. semoga propaganda nya tersampaikan.

    D.N Aska
  • Bukunya keren , Selalu cepat pengirimanya ,

    YODA
  • Bukunya sudah sampai, terimakash luarbiasa ,

    Arya sidoarjo
  • Buku paketnya sudah sampai. Sungguh packing rapi dan diberi bonus stiker dan pembatas buku penyemangat buat baca. Salut, kerjanya cepat sekali! Bakal beli lagi deh...

    Michael Andrew
  • Terimakasih banyak, buku anarki panduan grafis nya sudah sampai dengan baik dan tepat waktu.. Sukses selalu berdikaribook.red

    Barokah Campaign
  • Buku-bukunya luar biasa. Membaca adalah melawan

    Fadiel Muhammad
  • Respon cepat, pengiriman cpt, pengemasan buku rapi, suka sama slogan" berdikari book...

    Ardila D Setyarsi
  • Salah satu toko buku on-Line di Indonesia yang dapat dipercaya. Terkait dengan ke-aslian (originalitas) buku, maupun kesesuain janji dalam setiap promo-promo-nya.....semoga Rahmat dan ke-Berkah-an dari Tuhan Yang Maha Esa tercurahkan pada kita semua (sinkretis -monoteis)...amin...

    Moch. Edy Purwanto
  • Terimakasih Berdikaribook

    Muhamad Aldi Sofyan
  • Bacalah! Suka atau tidak sukanya kamu terhadap suatu bacaan, setidaknya bacaan itu akan menambah kosa kata yang kamu miliki dan menambah pengetahuan kamu.

    Allief
  • Mantap uda nyampe packingnya juga rapi,, recomended banget dah !

    Alex Gregorius Dony
  • Packing rapi, cepat, dan responnya baik. Rekomended :)

    Muly
  • Terima kasih Berdikari Book, paket novel Arah Langkah ber-ttd sudah mendarat di rumah saya dengan tepat waktu beserta packaging yang rapi dan lucu

    Atika
  • Terlambat sadar, bahwa ada aplikasi yang menjual buku-buku keren dan fenomenal~

    Ajengaprl
  • Salam Hangat By' Timur oioi

    Timur oioi
  • Terimakasih... Nanti lagi...

    Telah mendarat selamat
  • Panjang umur BerdikariBook!

    Miftah Regyana
  • 1 hari pesan , besok sampai. Mantab bung, terimakasih untuk packing yg rapih dan beberapa hadiah dalam paketannya.

    Erick Estrada
  • Barang udah sampai, mendarat dengan mulus.

    Harrys D.
  • Sesuai ekspektasi. Packing mulus terbaek lah. . .

    Yoga Jalu
  • Suka banget. Packing rapih, waktu juga sesuai dengan perkiraan. Stiker dan pembatas bukunya juga keren bikin semangat baca. Makasih min

    Qaulan Syadida Azzahra
  • terima kasih bukunya suda saya terima.. recomended book store..

    vico
  • Akhirnya bukunya sampai juga... pelayanan bagus.. packing bagus.. disampulin pula... rekomendasi banget buat balik belanja di sini lagi..

    Muhammad Risal
  • Pelayanan cepat, packaging rapi, promo kupon Ramadhannya mantap. Mudik ditemani buku, heu heu.

    Avif
  • Terima masih,paketnya mendarat dengan rapi dan lancar,sukses terus berdikari

    Fikri Dhia
  • Harga yang ditawarken sangat menarik, sekali kesini jadi ingin kembali lagi Dan semoga literatur klasik dari tokoh-tokoh Marxis seperti Marx, Engels, Lenin, Luxemburg, Mao, dll segera distock kembali

    Fajar F
  • Puas banget dengan pelayanan BerdikariBook. Cepat dan adminnya pun ramah. Buku yang datang juga dalam kondisi bagus dan dapat banyak banget bonus pembatas buku dan stiker !! In syaa Allah bakal beli lagi di BerdikariBook

    Zet
  • Cepat di proses, tapi konfirmasi pembayaran ribet. Terus tidak ada tempat bua nanya nanya.

    Indra utamma
Cek Ongkir
Propinsi
Kabupaten
Kecamatan
Berat Gram
SHIPPING UPDATE
  • Nama: RIYAN RIDHA Nomor Resi : 16809317208 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MANOKWARI Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: SAHAL ANGLER Nomor Resi : 16809317191 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : DEMAK Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: DHIKY ARMADHANY Nomor Resi : 16809317175 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PADANG Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: MAULIA PRATIWI Nomor Resi : 16809317162 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : LEBAK Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: NOVIYANTI ULE Nomor Resi : 16809317159 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: IIS SUNARKO Nomor Resi : 16809317146 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : ROKAN HULU Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: LALU ADJI Nomor Resi : 16809317133 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: ACH RAUZI Nomor Resi : 16809317120 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SUKOHARJO Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: NATASHA SOEDIRYO Nomor Resi : 16809317117 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: PRAPASIA NINGMABING Nomor Resi : 16809317104 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: DAFFA FAKHRI Nomor Resi : 16809317097 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: JAELANI CHAFID Nomor Resi : 16809317084 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BLORA Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: SHERRYTA Nomor Resi : 16809317071 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA PUSAT Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: SINTA DEWI Nomor Resi : 16809317068 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CIAMIS Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: WILDAN YAHYA Nomor Resi : 16809317266 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANTUL Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: DEDE YULIANSYAH Nomor Resi : 140210031444718 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : PEMALANG Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: FIDA MUSTAGHFIROH Nomor Resi : 140210031089718 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : KUDUS Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: AZKA DZUFADEL Nomor Resi : 140210032407018 Jasa Pengiriman : JNE EXPRESS Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: KEVIN HERI Nomor Resi : AML13960 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : TANGERANG SELATAN Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DITA DEWI Nomor Resi : AML14247 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANYUWANGI Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ACHMAD HARYA Nomor Resi : AML12543 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ALDY KURNIA Nomor Resi : AML12717 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BAYU AJI Nomor Resi : AML13750 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANYUMAS Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BAYU PUTRANDA Nomor Resi : AML12338 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SUKOLILO Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BAGUS Nomor Resi : AML14441 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: FAHMI RIZAL Nomor Resi : AML14855 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SIDOARJO Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: FARHAN AZZURI Nomor Resi : AML15051 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: MUHAMMAD ALFISYAH Nomor Resi : AML15988 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: AHMAD YUSUF Nomor Resi : AML16228 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ALIFA R Nomor Resi : AML16733 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : LAMPUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: MEISON AMIR Nomor Resi : AML16972 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: SAFAR BANGGAI Nomor Resi : 16809316705 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BAN Tanggal : 01 Jan 1970
  • Nama: DIASTIANA Nomor Resi : 16809316718 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANGUNTAPAN Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DEWA ALIT Nomor Resi : 16809316721 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DEWILA HUSEN Nomor Resi : 16809316734 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DEDY WIJANARKO Nomor Resi : 16809316747 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: SIVI QORIYULAN Nomor Resi : 16809316750 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PANDE Tanggal : 01 Jan 1970
  • Nama: FURKON NURUL Nomor Resi : 16809316763 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JOMBANG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: RIAG FARDANI Nomor Resi : 16809316776 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ZIAL DAFFA Nomor Resi : 16809316789 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BIMA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: AMALIA NAZIHAH Nomor Resi : AMK58013 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: FERRY Nomor Resi : AMK58183 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAK Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: SYAHRUL MUNIR Nomor Resi : AMK58622 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: RIRIS SAPITRI Nomor Resi : AMK58793 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BENI HERMAWAN Nomor Resi : AMK58980 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: MIFTAHUSSALAM Nomor Resi : AMK59142 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ADHI Nomor Resi : AMK59299 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: FARIS NAUFAL Nomor Resi : AMK60155 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ILHAM SUJUD Nomor Resi : AMK60335 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SIDO Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: TAUFAN HARIYADI Nomor Resi : AMK60563 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA TIMUR Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: BAGUS Nomor Resi : 16809316169 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ANGGI FETIANA Nomor Resi : 16809316156 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : GRESIK Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: DAHLAN Nomor Resi : 16809316130 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANYUWANGI Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ADITYA DHARMA Nomor Resi : 16809316127 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : TABANAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: NOVIA AISYAH Nomor Resi : 16809316114 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: INDRA MAHATMA Nomor Resi : 16809316101 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ARDHAN ISMAIL Nomor Resi : 16809316081 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: RIVERZONE KUADA Nomor Resi : 16809316078 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: FANDRI SUDARYANTO Nomor Resi : 16809316065 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEM Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: OPIK RAHMADIANA Nomor Resi : 16809316052 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : KUNINGAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: HAEDIR RHAMADHAN Nomor Resi : 16809316049 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: INDRA ARDIANSYAH Nomor Resi : 16809316036 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BAN Tanggal : 01 Jan 1970
  • Nama: DARWIN ISKANDAR Nomor Resi : 030108549492 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SUTAN SYAHRIT 12A Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ANDERSON PARULIAN Nomor Resi : 030108549491 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PETA UTARA GG MESJID RT006/006 NO 48 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RIYALDI MAULANA Nomor Resi : 030108549490 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL NAGRONG 2 NO 36 RT03/08 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: BAGAS AULIA RAHMAN Nomor Resi : 030108549489 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL HABIPROYO NO 19 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: YUSUF RAIHAN Nomor Resi : 030108549488 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL MASJID BARU NO 45 RT7/1 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: WIWID WIDYANUARI PUTRA Nomor Resi : 030108549487 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PETERONGAN TIMUR NO 335 RT4/6 KONTRAKAN BU SUSI Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: JUHRI JAELANI Nomor Resi : 030108549486 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : DUSUN BLOKSITU RT021/005 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: JUHRI JAELANI Nomor Resi : 030108549486 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERUM BUMI CIRUAS PERMAI 2 BLOK J3 NO 34 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MAULANA 18 Nomor Resi : 030108549485 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERUM BUMI CIRUAS PERMAI 2 BLOK J3 NO 34 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ARI WIJAYA Nomor Resi : 030108549484 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL RAWA BAMBU RT8/16 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: UTAMA MANDALA PUTRA Nomor Resi : 030108549483 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SIWORATU BLOK O NO 04 RT03 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: DANDY THIA SAKTI Nomor Resi : 030108549482 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL GAJAH 6 NO. 2A Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ANAS BAMBANG PRASETYO Nomor Resi : 030108549481 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERUM BCT BLOK B NO. 11 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MUHAMMAD GIAN NOVALDI Nomor Resi : 030108549480 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SENTOSA LR SRIRAYA 7 NO 85 RT42/15 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RAVIK RAHMAD Nomor Resi : 030108549479 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SILIWANGI KP RAWA PANJANG RT03/05 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: DZAKY MUMTAZ Nomor Resi : 030108549478 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL BANGKA 3 NO 34 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RIANTO ADIYATMA Nomor Resi : 030108549477 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL HANGLUH 1 NO 12 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: FANDI IFAN NUGROHO Nomor Resi : 0311586437 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: UJANG INDRIANTO Nomor Resi : 16809315472 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CIANJUR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: NOVRIZMAL Nomor Resi : 16809315468 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PADANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ALFIA RAHMANDA Nomor Resi : 16809315442 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MUHAMMAD FARGAN Nomor Resi : 16809315439 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: HILMI ABYANSYAH Nomor Resi : 16809315426 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : KUALA TANJUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: APRILIA WAHYUNI Nomor Resi : 16809315413 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: SANSAN LIWINA Nomor Resi : 16809315400 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDAR LAMPUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ARIS FUJIANTO Nomor Resi : 16809315520 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CILACAP Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: DIMAS FAISAL Nomor Resi : 16809315517 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANYUMAS Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: AKNES Nomor Resi : 16809315504 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ARIF Nomor Resi : 140210032941318 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: GITA MAHARDIKA Nomor Resi : 140210032920181 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : KUTA Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: TOMI JEPISA Nomor Resi : 140210032949518 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: FANDER SIHITE Nomor Resi : AMK01904 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: FIJI Nomor Resi : AMK02059 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA TIMUR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RAHMAT TAWAKKAL Nomor Resi : AMK02247 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: LUQMAN WIDIYANTO Nomor Resi : AMK02452 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : TANGERANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MUH DARWIS Nomor Resi : AMK02595 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: JALU AGSAL Nomor Resi : AMK02956 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ADE SURYA Nomor Resi : AMK06765 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANJARMASIN Tanggal : 17 Oct 2018