Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar Lanjutkan Belanja
Added to Wishlist
OK

Dua Skenario Masa Depan dan Sains yang Tidak Sendirian

Oleh: Doni Ahmadi         Diposkan: 06 Nov 2018 14:47:46 PM Dibaca: 398 kali


Berto Tukan dan Yovantra Arif dalam esai berjudul Fiksi Ilmiah dan Fiksi Indonesia[1] menulis, “Jauh sebelum kapal selam dibuat, Jules Verne sudah berimajinasi tentang petualangan ribuan kaki di bawah permukaan laut. Jauh sebelum manusia menemukan pesawat, Ikarus sudah mengalami kecelakaan penerbangan yang pertama kali.”

Singkatnya, sastra—bergenre fiksi ilmiah—dapat mendahului atau setidaknya menyumbangkan imajinasi untuk kemajuan teknologi dan sains di masa depan.

Ungkapan di atas bisa diyakini dan bisa juga sebaliknya. Sebagai orang yang meyakini saya akan memberi Anda contoh lain. Selain dua contoh di atas, Anda juga dapat membuktikan pendapat Berto dan Yovantra dengan membaca kumpulan cerita pendek Perjalanan Nun Jauh Ke Atas Sana karya Kurt Vonnegut (OAK, 2017) yang diterjemahakan oleh Widya Mahardika Putra.

baca juga: Nadi Seruling dan puisi-puisi lainnya karya Cep Subhan KM

Kumpulan cerita Vonnegut yang tipis ini—hanya berjumlah 46 halaman saja dan mudah tandas dalam waktu kurang lebih tiga puluh menit—memuat dua cerita pendek, “Perjalanan Nun Jauh Ke Atas Sana”, dan “2BR02B”. Dan mari memulainya.

Pada cerita “Perjalanan Nun Jauh Ke Atas Sana”, Vonnegut bercerita tentang masa depan saat dunia mengalami overpopulasi—tema yang begitu dekat hari ini, mainstream, dan sudah banyak digarap dalam film-film layar lebar, misal, Kingsman: The Golden Circle (2017) dan Avenger: Infinity War (2018)—melalui penggambaran satu keluarga besar kakek Ford.

Lou [cucu Ford], yang berjalan masuk dari balkon bersama Emerald, di mana mereka tadi mencari sesuatu yang langka pada tahun 2185—privasi—, diharuskan untuk duduk bersama istrinya itu di baris paling belakang, di belakang ayah dan ibunya, kakak dan adik iparnya, cucu dan cicitnya, keponakannya, cucu dan cicit keponakannya—baik yang pria maupun wanita, beserta suami atau istri masing-masing—dan, tentu saja, di belakang kakek, yang duduk paling depan … (hlm. 1-2)

baca juga: Advocatus Diaboli

Hal demikian ini bisa terjadi karena dalam semesta cerita ini telah ditemukan obat anti-gerasone yang membuat manusia tidak bertambah tua, hidup lebih lama dan bahkan kembali merasakan usia muda.

… Semua orang kecuali kakek, yang sudah agak renta dan bungkuk menurut standar manusia normal sebelum ada anti-gerasone, tampak seumuran—sekitar akhir dua puluhan awal atau tiga puluhan. Kakek tampak lebih tua karena ia sudah berusia tujuh puluh tahun waktu anti-gerasone ditemukan. Ia tidak bertambah tua sejak  it, selama 102 tahun sampai sekarang. (hlm. 2)

“Setelah riset bertahun-tahun, ilmu pengobatan akhirnya berhasil mempersembahkan super-anti-gerasone! Dalam beberapa minggu saja … Anda dapat terlihat, merasa dan berbuat seperti cicit Anda! …” (hlm. 20)

baca juga: Merespons Jeritan Bumi

Konflik bermula dari Lou yang terus mengoceh saat kakek Ford tengah menonton TV, hal ini membuat geram kakek Ford dan menghadiahi Lou dengan hukuman dihapusnya nama Lou sebagai ahli waris. Ini membuat Lou sedih dan ia memutuskan untuk pergi dan mencari Em, istrinya, untuk ditemani. Di tengah pencarian Em, Lou mendengar suara mencurigakan, dan benar saja, ia melihat Morty—cucu keponakan Lou—tengah menuangkan botol ekonomis anti-gerasone milik kakek Ford yang sudah setengah kosong diisi dengan air keran. Hal ini membuat Morty kaget dan sekonyong-konyong menutup pintu dengan keras, sampai beberapa jenak, ia keluar.

Lou khawatir jika nanti kakeknya akan meminum air keran yang disangkanya air gerasone dan berinisiatif untuk mengonsongkannya. Sialnya, hal itu memakan waktu lama karena leher botol ekonomis kakek amat kecil. Dan benar saja, saat misinya belum selesai, pintu sudah di ketuk, dan karena kakek Ford tidak sabar—belum lagi peraturan tidak boleh berlama-lama di kamar mandi—pintu dibuka dengan paksa. Lou yang kaget langsung melepas botol itu, terjatuh dan pecah. Selanjutnya adalah kesialan buat seluruh keluaraga. Kakek Ford memilih pergi dari Apartemen itu dengan surat wasiat yang membuat ricuh karena menulis hak warisnya diberikan “setara”, hal ini berujung sengketa dan permusuhan—yang bahkan turut diliput media—dalam keluarga Kakek Ford. Hingga akhirnya, Lou dan Em harus masuk penjara.

Konsekuensi atas hal ini sejatinya sudah disinggung sejak awal oleh Vonnegut, yang secara tersirat menyatakan bahwa overpopulasi ini memang sebuah masalah, hal itu terdapat dalam kalimat berikut,

Lou[…] mencari sesuatu yang langka pada tahun 2185—privasi … (hlm. 1)

Dan saat Lou beserta istrinya dijebloskan ke penjara berukuran empat kali delapan kaki. Mereka berdua secara tak sengaja mendapatkan hal langka tersebut: privasi. Dan mereka berdua pun merayakannya dengan sukacita.

“… kau ingat kapan terakhir kali kitapunya privasi?” Em menggeliat girang. “Empat puluh  tahun lalu, sayang—lihatlah bepata aku bahagia!”

“Semoga saja,” kata Lou, “si pengacara akan mendapatkan hukuman satu tahun buat kita.”

[…]

“Baiklah, diam kalian,” kata si petugas penjara, “atau aku akan mengeluarkan kalian sekarang juga. Dan siapapun yangberani menyebar berita bagaimana nikmatnya hidup di penjaratidak akan boleh masuk lagi!” (hlm. 19-20)

Cerita berakhir dengan Kakek Ford yang kembali ke apartemennya, ia mendapat kabar dari TV akan penemuan super-anti-gerasome yang bukan hanya membuatnya tidak tua, tapi serasa seperti berusia 20-30an tahun. Akhir kisah, Kakek Ford merasa senang betul, ia tak sabar menanti apa yang akan terjadi di masa mendatang.

baca juga: Genosida Sebagai Buah dari Modernitas

***

Jika pada cerita pertama Vonnegut menulis tentang Overpopulasi, maka pada cerita selanjutnya ia berupaya membuat anti-tesisnya dengan menulis tentang pembatasan jumlah penduduk.

Berbeda dengan cerita sebelumnya, Vonnegut memulai cerita “2BR02B” dengan gambaran dunia yang utopis dan baik-baik saja akibat pembatasan jumlah penduduk.

Semua baik-baik saja

Tak ada penjara, tak ada kampung kumuh, tak ada rumah sakit jiwa, tak ada orang cacat, tak ada kemiskinan, tak ada perang. Seluruh penyakit sudah ditaklukan, begitu pula usia tua. (hlm. 23-24)

Konflik cerita ini bermula ketika tokoh Edward K. Welhing, Jr—yang sedang menunggu kelahiran anaknya di rumah sakit bersalin—diikabarkan akan mendapatkan anak kembar tiga dan bertemu dengan Leora Duncan (petugas Federal Bureau of Terminator) dan Dr. Hitz (kepala ahli Obstetri rumah sakit). Hal ini bukan membuatnya senang, namun sebaliknnya.

baca juga: Pesantren: Keaksaraan dan Indonesia

“Tuan tampaknya tidak senang,” kata Dr. Hitz.

“Siapa pula yang bisa senang bila ada di posisi saya?” kata Wehling. Ia membuat gesture yang tidak peduli dengan kedua bahu dan tangannya. “Saya hanya perlu memilih salah satu dari anak saya untuk tetap hidup, kemudian mengantar kakek saya ke Pangalengan, dan kembali ke sini membawa tenda terima.”  (hlm. 34)

Dalam semesta cerita ini, saat di mana populasi manusia dibatasi, manusia jarang sekali melahirkan anak, dan jika mereka ingin melakukan hal itu, konsekuensinya adalah menyerahkan orang lain ke Federal Bureau of Termination (Studio Bunuh Diri Etis) sebagai relawan agar populasi tetap terjaga.

Menurut undang-undang, seorang bayi hanya boleh tetap hidup bila orangtuanya berhasil menemukan sesorang yang mau mati secara sukarela. Bayi kembar tiga, bila ingin tetap hidup, membutuhkan tiga orang sukarelawan. (hlm. 33)

Hal demikian ini sangatlah dibutuhkan agar dunia sekarang tidak seperti dunia yang dulu, di mana dunia digambarkan seperti nereka, di mana manusia kekurangan sumber daya dan bahkan membuat manusia tidak akan kuat untuk hidup walau hanya dua puluh tahun saja.

baca juga: Bagaimana Pengarang Jepang Meratapi Perang ?

Namun tokoh Wehling Jr, yang ingin ketiga anaknya dan ayahnya tetap hidup akhirnya mengambil jalan pintas dengan menembak Dr. Hitz, Leora Duncan, dan dirinya sendiri dengan revolver yang dibawanya. Karena rumah sakit ini begitu sepi, tidak ada yang menolong dan berusaha melerai kejadian itu. Bahkan tokoh pelukis—berusia tiga puluh lima tahun—yang sedang mengerjakan mural di dalam rumah sakit dan menyaksikan seluruh peristiwa ini hanya bisa memandang adegan-demi-adegannya sembari termenung.

Di akhir cerita, pelukis mural tersebut sebetulnya juga ingin ikut mengakhiri hidupnya dengan revolver milik Wehling Jr, sayangnya ia tidak punya cukup nyali. Akhirnya ia memilih menghubungi nomor 2BR02B yang merupakan kontak Federal Bureau of Terminator dan menyerahkan dirinya untuk menjadi sukarelawan.

“Terimakasih, Pak,” kata wanita itu. “Kota Anda berterimakasih kepada Anda; negeri Anda berterimakasih kepada Anda;  planet Anda berterimakasih kepada Anda. Tapi yang paling berterimakasih adalah generasi mendatang.” (hlm. 38)

baca juga: Antara Politik dan Moralitas

***

Mengutip Ricoeur (1981) dalam Faruk[2], ia mengatakan bahwa Karya sastra tidak lagi mengacu pada pengarang dan pembaca serta situasi dan kondisi asalnya. Karya sastra, sebagai tulisan, mampu melampaui situasi dan kondisi tersebut untuk memasuki situasi dan kondisi yang hidup dalam ruang dan waktu yang berbeda dari kondisi dan asal karya sastra tersebut. Ia menambahkan, bahwa acuan karya sastra itu tidak lagi terarah pada dunia sosial yang nyata, melainkan dunia sosial yang mungkin.

Dalam Perjalanan Nun Jauh ke  Atas Sana karya Vonnegut ini, ia betul-betul mengamini pendapat Riceour. Dengan dua cerita pendeknya Vonnegut berhasil menghadirkan dunia sosial yang ‘mungkin’, yang ‘spekulatif’, yang ‘garib’ dan semacamnya.

Dunia dalam semesta cerita pendek Vonnegut ini sudah berlari jauh dari asalnya—dari tahun 1960an, tahun di mana karya ini dibuat. Dunia di mana manusia sudah tidak perlu khawatir dengan ketakutan terbesar mereka, menjadi tua dan mati, karena teknologi sudah memecahkannya. Dunia di mana tidak ada lagi kesengsaraan, tak ada lagi kaum miskin, penyakit kronis dan semacamnya. Dunia garib yang melampaui imajinasi manusia dan para ilmuan.

baca juga: “Rahim Hangat” Bukan Pencapaian Feminisme!

Sayangnya, dunia model begitu juga memiliki konsekuensi. Jika manusia tidak lagi tua dan mati, tentu saja populasi manusia akan membengkak gila-gilaan. Dunia makin tidak stabil, hal yang digambarkan Vonnegut melelui konflik perebutan warisan yang menimpa keluarga kakek Ford dalam cerita pertama.

Dan saat dunia berjalan baik, saat populasi manusia bisa dihitung dan dikendalikan, saat manusia-manusia tidak perlu lagi khawatir akan kemiskinan dan kekurangan sumber daya. Hal ini juga menuntut konsekuensi, adalah dehumanisasi. Hal yang tergambar dari cerita “2BR02B”. Dunia yang serba baik ini terpaksa merampas hak manusia untuk hidup. Manusia tidak bisa sekonyong-konyong hidup dalam dunia utopia yang seperti surga.

Vonnegut betul-betul cerdas memainkan sebab-akibat yang logis dalam kedua cerita yang didedahkannya. Melalui sastra, ia melangkah jauh ke masa depan, dengan mesin waktu yang ada dalam kepalanya ia pergi menuju dunia di mana teknologi sudah melampaui kehendak Tuhan.

baca juga: “Umat Soal” Tak Sepanjang Masa

Ia menulis kabar dan skenario dari dua masa depan umat manusia dalam bentuk dua cerita pendek yang dapat tandas dalam kurang-lebih separuh jam. Dan berpesan, “Saya sudah melihat dua masa depan umat manusia dan kesimpulan saya, tidak ada dunia yang betul-betul baik.”

Meskipun begitu, kita sama-sama tahu, bahwa ini masihlah kemungkinan, dan dalam menyikapi sesuatu yang ‘mungkin’, Anda dan saya hanya memiliki dua pilihan, memercayainya atau sebaliknya. Berto dan Yovantra, melalui argumen awalnya, tentu saja ada di posisi yang percaya, tetapi Anda juga bisa berada di posisi yang sebaliknya, dengan dalih, toh banyak sastra ilmiah yang belum dapat dibuktikan sampai sekarang (misalnya Time Machine karya H.G Wells) dan terbukti keliru atau tidak benar-benar terjadi (misalnya novel 1984 karya Orwell). Dan itu tergantung di mana posisi Anda. Setidaknya, Vonnegut dan beberapa penulis fiksi-ilmiah lainnya telah membuktikan pada kita, bukan hanya sains sendiri yang bisa menentukan arah masa depan. Begitu.

  •  

Judul: Perjalanan Nun Jauh Ke Atas Sana

Penulis: Kurt Vonnegut Jr,

Penerjemah: Widya Mahardika Putra

Penerbit: Oak

Tahun Terbit: 2017.

Tebal: x + 28 halaman.

 

[2] Faruk H T. Pengantar Sosiologi Sastra: dari Strukturalisme Genetik sampai Post-moderenisme (Pustaka Pelajar. 2013)

 

Apabila Anda berminat untuk mengirim tulisan, sila baca syarat dan ketentuan mengirim tulisan.



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

TESTIMONI

  • paketnya sudah sy terima. rasanya spt dpt harta karun jarang2 bisa dpt buku kyk gini. penjualnya sangat membantu dan responnya cepat sekali. terimakasih banyak. moga2 nanti bisa balik lagi n belanja disini.

    Arisnawaty
  • Terima kasih untuk promo beli 2 gratis 1 nya dan terima kasih pula untuk packing yang rapi dan bonus yang diberikan

    Eko Budi Prassetyo
  • Saya suka motto mu Kawan, "Membaca adalah Melawan!"

    Andreas
  • Recomended untuk kawan-kawan

    Ilyas
  • Tidak kemana2 tapi dari mana2 :) Good Job Berdikari

    Mutiara
  • Paket sampai sesuai dgn perkiraan waktu dan packaging rapi

    Nabila
  • Cepat sampai.. Cepat respon bagus pelayananny

    Amanda
  • paket sudah di twrima,packing rapih

    Budhie
  • Kapan-kapan bisa main langsung ke Berdikari ini

    Erik
  • paket rapi dan buku mendarat dengan aman. sepertinya bakal balik lagi ke berdikari book recommended untuk kawan- kawan mau belanja buku

    akbar
  • Belajar

    Abeng
  • Packaging rapi banget! Pelayanan cepat dan estimasi tepat. Koleksi buku juga banyak. Maju terus, Berdikari! Mari membaca untuk melawan!

    Nada
  • Barang sudah sampai, pelayanannya bagus dan cepat.

    Dena Diana Putri
  • Paket received,, tres bien berdikari

    Christy
  • Terimakasih berdikaribook.red paketnya sudah sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Buku2 yg dijual sangat recommended!!!

    Fikar
  • Benar-benar dunia membaca yang menggerakkan mulut saya untuk tidak bungkam!

    Fird
  • Paketnya sampun diterima.. Terimakasih

    Budz
  • Terima kasih berdikari book buku sudah sampai tepat 1hari (pagi yg miring kekanan) #membacaadalahamelawan

    Trad (Tradizione)
  • Bukunya sudah sampai, terimakasih Berdikari Book. Semoga ketersediaan bukunya semakin beragam. Membaca adalah melawan!!

    Andika agung gondo kusumo
  • Mantep! Tiba sesuai estimasi, respon oke.

    Osep Bana
  • Terima kasih, Berdikari Book. Kami jauh dari ujung atas Sumatera.. tapi bukunya sampai dengan cepat, aman & sentosa.. Ada bonus pembatas buku & stiker pula.. Berdikari Book semoga tetap Merdeka..!

    Irfan Morris
  • Paket buku mendarat dengan selamat. Terimakasih BerdikariBook

    Sinatrian Lintang Raharjo
  • Mantab bung, nggak pernah mengecewakan.

    Ridho
  • Terimakasi berdikaribook, kayanya bakal balik lagi dah

    Niko Fajar
  • Buku udah nyampe, tpi sedikit penyet tapi sedap di baca

    Fany fatullah
  • Kalau sudah kirimkan uang , konfirmasinya bisa lewat wa ga?

    Burhanudin
  • Packingnya rapi banget. Bukunya ga ada lecet sedikitpu. Rekomended bgt buat yg nyari buku2 bersifat idealisme. Beli buku disini Dapat sticker keren pula.

    Ayu
  • Sudah 2x beli disini, sangat recomended! #MembacaAdalahMelawan

    Mr. A
  • Buku-bukunya keren-keren broh. Ketagihan kalo udah di web sini. Pasti.mau beli sesuatu...

    Docallisme
  • bukunya sudah mendarat dengan selamat, makasih admin.

    muslimah syawals
  • Buku sampai pada tujuan dengan baik.

    Fikri
  • Pengirimannya lama padahal sama-sama di Yogyakarta

    Anonim
  • Paket sudah sampai..terimah kasih

    Hengky.H
  • Syukak bukunya, Cepat di proses cepat juga datangnya

    Mulyy mustafa
  • Paket sudah diterima. Sesuai ekspetasi. Terimakasih atas bonusnya bydewey n_n

    Indra Kurniawan
  • Pelayanan sangat mantap

    Albert Aldo Hugo Kenneth Gultom
  • Thanks der, barangnye udah sampe, giting abis.

    Dimas
  • Pelayanan ramah, cepat, dan akurat. Packing rapih bngt, dan dpt free 1 buku tambahan, free sampul, free stiker. Bikin nagih beli lagi. Good job (y)

    Yusuf Wibowo
  • Pelayanan ramah, cepat, serta sistem website yang baik dalam memudahkan pembeli untuk mengecek barang yang dibelinya. Toko buku online Indonesia #1 yang pernah saya temui.

    Rafi Alifudin
  • Bukunya Sudah Sampai dengan Sangat cepat.... Terima Kasih Berdikari

    Fitra Sugiyono
  • Buku sudah saya terima, selalu suka sma packaging berdikari dan terimakasih stikernya

    Vischa
  • Mulai dari buku, pelayanan bahkan sampe pembungkus paketnya bikin nagih, wkwk. Gak sabar buat order lagi. Sukses terus berdikari book !

    Permata K.
  • Paket sampai sesuai jadwal dan packing rapi. Mantap. Suwun, dab!

    Komang Raditya Gunarsa
  • Keren buku2nya. Tidak akan mengecewakan

    Arief Setiawan
  • Barang sampe dengan selamat, makaseh berdikari jadi tongkrongan isinya ga push rank doang

    Maulana Yusuf
  • Bukunya sdh sampai.., packingnya juga bagus dan rapih, recomended untuk yang ingin menambah ilmunya dengan membaca

    andi
  • Mantab bener emang, paket yg dikirim bener2 rapi membuat semakin termotivasi untuk membaca. Panjang umur perjuangan bung!

    Rafli
  • Paket sudah sampai, Terimakasih berdikari book.

    Lannie
  • Buku dh sampe, cepet, rapi, bungkus unik. Trims

    Miqdad
  • Mantap gak harus nunggu lama buku cepet sampe , packing rapih

    Fiqih jati
  • Barang sudah sampai bung, Terima kasih berdikabook semoga bukunya bermanfaat. "Baca terus sampe mampus"

    Wirahadi Kusuma damar
  • Baca, Baca, Merdeka lah ! Paket Buku BBM-nya sudah sampai di bogor dengan selamat sentosa, packing nya rapih, prosesnya cepet, jadi ketagihan pengen order buku disini lagi. Mantap Bung!

    Topik
  • Paketnya sampai sesuai estimasi & di kemas secara apik. Keren. Membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca. Terima kasih Berdikari Book.

    Saiful
  • 2 hari nyampek tujuan dengan mulus bukunya

    Zulva
  • bukunya menarik", juga admin dan pelayanan di tempatnya sangat baik. recommended sekali.

    Rifky
  • Paket sudah saya terima,terimakasih

    Cahyani Aulia Hidayah
  • Paket bukunya sudah diterima dengan baik, Terima Kasih Berdikari Book, Makin sukses jaya dan makin lengkap opsi buku2nya.

    Nisa Basti
  • Bukunya sudah saya terima. Packing yang rapi, aman dan kalimat di sampulnya sangat menggugah untuk membaca, membaca dan terus membaca........ Terima kasih sudah dibantu untuk proses ulang pemesanan. Terima kasih....

    Danang Anggoro
  • Buku ini melebihi ekspektasi saya, bener bener bagus,saya merekomendasikan buat beli buku disini, karena pelayanan yang terbaik dan memuaskan. good job berdikari book!

    Sultan H
  • Buku yang dipesan datang tepat waktu, sukses selalu buat Berdikari Book!

    Mujahid
  • Mantap banget bung! Pelayanan yang memuaskan. Paling suka buku Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle.

    Widya Retno Palupi
  • Buku sudah sampai dengan selamat, dengan kondisi yang masih mulus, terima kasih

    Murdianto Dian
  • Pesanan saya sudah sampai. Terharu dan senang sekali rasanyaaaa :') pengirimannya cepat, packaging-nya menarik, waktu buka isinya.. Kaget. Banyak banget kertas-kertas kecilnya. Terima kasih, semoga sukses selalu dan semakin maju. ILYA♥

    Safira PN
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Buku udah nyampai,packing rapi. Bacaan memarik tentang pangan dan paket mengenal Tiongkok.

    Ikhsanrosyid
  • Rindu berdikari

    Resty Yasqi
  • Puas banget, packingnya rapih mantap deh

    AGUSTIO
  • Tepat waktu. Baru sampai dan balutan merah yang rapi. Tapi, tolong ijinkan saya sedikit menambahkan sebuah kata di salah satu stiker berdikaribook.red.

    Uncle Tob
  • Terima kasih paket sudah sampai dengan bonus-bonusnya

    Yose R
  • Sudah datang

    Amami
  • Paket sudah diterima komandan, kondisi rapi&memuaskan

    Erlian afna r
  • paket sampai dengan selamat sentosa.

    banu
  • terima kasih . buku mendarat dengan aman dan sempurna. semoga propaganda nya tersampaikan.

    D.N Aska
  • Bukunya keren , Selalu cepat pengirimanya ,

    YODA
  • Bukunya sudah sampai, terimakash luarbiasa ,

    Arya sidoarjo
  • Buku paketnya sudah sampai. Sungguh packing rapi dan diberi bonus stiker dan pembatas buku penyemangat buat baca. Salut, kerjanya cepat sekali! Bakal beli lagi deh...

    Michael Andrew
  • Terimakasih banyak, buku anarki panduan grafis nya sudah sampai dengan baik dan tepat waktu.. Sukses selalu berdikaribook.red

    Barokah Campaign
  • Buku-bukunya luar biasa. Membaca adalah melawan

    Fadiel Muhammad
  • Respon cepat, pengiriman cpt, pengemasan buku rapi, suka sama slogan" berdikari book...

    Ardila D Setyarsi
  • Salah satu toko buku on-Line di Indonesia yang dapat dipercaya. Terkait dengan ke-aslian (originalitas) buku, maupun kesesuain janji dalam setiap promo-promo-nya.....semoga Rahmat dan ke-Berkah-an dari Tuhan Yang Maha Esa tercurahkan pada kita semua (sinkretis -monoteis)...amin...

    Moch. Edy Purwanto
  • Terimakasih Berdikaribook

    Muhamad Aldi Sofyan
  • Bacalah! Suka atau tidak sukanya kamu terhadap suatu bacaan, setidaknya bacaan itu akan menambah kosa kata yang kamu miliki dan menambah pengetahuan kamu.

    Allief
  • Mantap uda nyampe packingnya juga rapi,, recomended banget dah !

    Alex Gregorius Dony
  • Packing rapi, cepat, dan responnya baik. Rekomended :)

    Muly
  • Terima kasih Berdikari Book, paket novel Arah Langkah ber-ttd sudah mendarat di rumah saya dengan tepat waktu beserta packaging yang rapi dan lucu

    Atika
  • Terlambat sadar, bahwa ada aplikasi yang menjual buku-buku keren dan fenomenal~

    Ajengaprl
  • Salam Hangat By' Timur oioi

    Timur oioi
  • Terimakasih... Nanti lagi...

    Telah mendarat selamat
  • Panjang umur BerdikariBook!

    Miftah Regyana
  • 1 hari pesan , besok sampai. Mantab bung, terimakasih untuk packing yg rapih dan beberapa hadiah dalam paketannya.

    Erick Estrada
  • Barang udah sampai, mendarat dengan mulus.

    Harrys D.
  • Sesuai ekspektasi. Packing mulus terbaek lah. . .

    Yoga Jalu
  • Suka banget. Packing rapih, waktu juga sesuai dengan perkiraan. Stiker dan pembatas bukunya juga keren bikin semangat baca. Makasih min

    Qaulan Syadida Azzahra
  • terima kasih bukunya suda saya terima.. recomended book store..

    vico
  • Akhirnya bukunya sampai juga... pelayanan bagus.. packing bagus.. disampulin pula... rekomendasi banget buat balik belanja di sini lagi..

    Muhammad Risal
  • Pelayanan cepat, packaging rapi, promo kupon Ramadhannya mantap. Mudik ditemani buku, heu heu.

    Avif
  • Terima masih,paketnya mendarat dengan rapi dan lancar,sukses terus berdikari

    Fikri Dhia
  • Harga yang ditawarken sangat menarik, sekali kesini jadi ingin kembali lagi Dan semoga literatur klasik dari tokoh-tokoh Marxis seperti Marx, Engels, Lenin, Luxemburg, Mao, dll segera distock kembali

    Fajar F
  • Puas banget dengan pelayanan BerdikariBook. Cepat dan adminnya pun ramah. Buku yang datang juga dalam kondisi bagus dan dapat banyak banget bonus pembatas buku dan stiker !! In syaa Allah bakal beli lagi di BerdikariBook

    Zet
Cek Ongkir
Propinsi
Kabupaten
Kecamatan
Berat Gram
SHIPPING UPDATE
  • Nama: ndaru 24885 Nomor Resi : 16844333644 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: oryza rizqullah 24844 Nomor Resi : 16844333631 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : TANGERANG SELATAN Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: inas alimaturrahmah 24856 Nomor Resi : 16844333628 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: selando radioka 24855 Nomor Resi : 16844333615 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : gunungkidul Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: a del 24858 Nomor Resi : 16844333602 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : DEPOK Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: muhibbatul ummah 24883 Nomor Resi : 16844333595 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PASURUAN Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: kohan pandongani 24890 Nomor Resi : 16844333582 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : kotabaru Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: septiana damaratri 24845 Nomor Resi : 16844333579 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: steffany nathaliana 24842 Nomor Resi : 16844333566 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BEKASI Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: DAENG ASBAR Nomor Resi : 030111617231 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PELABUHAN 3 BONTANG SELATAN Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: DENDY ADI PRADANA Nomor Resi : 030111617230 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : CLUSTER GRAND ROSELLA BLOK B7 Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: WULAN JUNAINI Nomor Resi : 030111617229 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERMAI BLOK A NO 2 Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: OKTA MARTINDO Nomor Resi : 030111617228 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : [ DI KANTOR PANWASLU] Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: EKKY ARMANDI Nomor Resi : 030111617227 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : RT 34/08 UMBULHARJO Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: JORGHY GUMANTI Nomor Resi : 030111617226 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SUKJADI NO 1 Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: PANJI BAYUARTA Nomor Resi : 030111617225 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL CIBURIAL RT 03 RW 21 NO 144 Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: ALDI FAHROZA Nomor Resi : 030111617224 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SULTAN HASANUDDIN NO 57 Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: DAFFA AMAANULLAH Nomor Resi : 030111617223 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : KEL ISOLA Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: AJENG YUDIATANTRI Nomor Resi : 030111617222 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : NO 9 RT 004 RW 012 KOMP PAMULANG PERMAI 1 Tanggal : 19 Nov 2018
  • Nama: KEVIN SEPTIOGA Nomor Resi : 16844333397 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PADANG Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: ADEN TAUFIK R Nomor Resi : 16844333339 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNGAN Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: AHMAD ZAIM Y Nomor Resi : 16844333355 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANTUL Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: SYAHRUL RAMADHAN Nomor Resi : 16844333293 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: NADILA ULFA Nomor Resi : 16844333300 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: DAFFA FIKRIE Nomor Resi : 16844333342 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : INDRAMAYU Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: FITRIANA Nomor Resi : 16844333326 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANTUL Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: BEBY TAMBUL Nomor Resi : 16844333384 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PONTIANAK Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: HARRIS AUFA Nomor Resi : 16844333371 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : TASIKMALAYA Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: AGRADI ARYATAMA Nomor Resi : 16844333313 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MATARAM Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: ARBY ZULKIFLI Nomor Resi : 030111617221 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL KEMIRAHAN 2 C NO 15 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: IMANDELCANO HENTIHU Nomor Resi : 030111617220 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL GEGER KALONG HILIR NO 52/174 A RT 03/04 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: SETIA BASKARA HS Nomor Resi : 030111617219 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL ANGGREK NO 1 RT 4/6 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: BINTANG ALDAIR Nomor Resi : 030111617218 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL GADING KIRANA BARAT 3 BLOK C4 NO 2 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: ARLANDA GHAZALI Nomor Resi : 030111617217 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PASIR IMPUN KOMP GRAND PANORAMIC NO A15 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: RIOGA TANJUNG Nomor Resi : 030111617216 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : RT 02/01 KAMPUNG QURNIA MATARAM Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: FICKRI HAWARI Nomor Resi : 030111617215 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : TIKIJL DELIMA 3 NO 39 BLOK A Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: ARIEF Nomor Resi : 030111617214 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL MERPATI 1 BLOK H2 NO 27 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: RIJALUL FIKRI Nomor Resi : 030111617213 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL BATAN NO 9 RT 03/02 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: FUJA APRIANTO Nomor Resi : 030111617212 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL KUBANG SELATAN NO 33 RT 02/14 Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: LIANA INDIATY Nomor Resi : 030111617210 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : SAWAHAN Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: AICHA GRADE Nomor Resi : ANA53672 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: FICHRI HASTIRA Nomor Resi : ANA83813 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: DIKA SRI Nomor Resi : ANA53967 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: ALIYUL HIMAN Nomor Resi : ANA54081 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: TANISHA FORTUNA Nomor Resi : ANA54178 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : DEPOK Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: FAJAR KURNIAWAN Nomor Resi : ANA54415 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : CIMAHI Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: AMBAR ARUM Nomor Resi : ANA54567 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA BARAT Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: AKBAR MALIK Nomor Resi : ANA54715 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: ELVI BASWAN Nomor Resi : ANA55134 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BEKASI Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: EUIS SITI Nomor Resi : ANA55435 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : TASIKMALAYA Tanggal : 17 Nov 2018
  • Nama: IDA NUR AIDAH Nomor Resi : 16892917552 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: WISHNU VACAS Nomor Resi : 16892917549 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: ANDYKA YAN Nomor Resi : 16892917536 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BLITAR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: ESTER RAHAJENG D Nomor Resi : 16892917523 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BOGOR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: AHMAD RAHMAD R Nomor Resi : 16892917429 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CIANJUR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: FAIZAL GAMAR Nomor Resi : 16892917458 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: DZAKI AZHAR Nomor Resi : 16892917461 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANYUMAS Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: TRISNA APRIANA Nomor Resi : 16892917487 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BEKASI Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: AZIZUL RAHIM Nomor Resi : 16892917490 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA PUSAT Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: INDRA SUKMA Nomor Resi : 16892917507 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: MUHAMMAD FADHEL KHATAMI Nomor Resi : 030111617209 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL INSPEKSI PAM LORONG 1 PONDOK NURBAYA LT 2 KAMAR 6 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: MUHAMMAD FADHEL KHATAMI Nomor Resi : 030111617209 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL INSPEKSI PAM LORONG 1 PONDOK NURBAYA LT 2 KAMAR 6 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: MUHAMMAD FADHEL KHATAMI Nomor Resi : 030111617209 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL INSPEKSI PAM LORONG 1 PONDOK NURBAYA LT 2 KAMAR 6 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: PUTRI NADYA OKTARIANA Nomor Resi : 030111617208 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SUNGAI ANDAI KOMPLEK HERLINA BLOK A NO 3 RT 29 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: SABRINA NUR RAHIM Nomor Resi : 030111617207 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL BRIGJEND SLAMET RIYADI GG 7 NO 23 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: SABRINA NUR RAHIM Nomor Resi : 030111617207 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL BRIGJEND SLAMET RIYADI GG 7 NO 23 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: FELLA HALIDA Nomor Resi : 030111617206 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL H SAILI C-3 RT 003 RW 006 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: AHMAT SUKUR Nomor Resi : 030111617205 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL ISTIQOMAH RT 01 RW 08 NO 53 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: JEMIMA Nomor Resi : 030111617204 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : APARTMENT KALIBATA CITY TOWER SAKURA UNIT 08CD PANCORAN Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: BASRI ADHI Nomor Resi : 030111617203 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL NURUL IKHWAN 3 NO 7 PERUMAHAN NURUL IKHWAN Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: RAFI MAHARDIKA Nomor Resi : 030111617202 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PASAR CIROYOM GG TARUNA 06 (301/26,06/04) Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: ERIC PRATAMA Nomor Resi : 030111617201 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : GADING ELOK TIMUR 2 NO 18 BK2 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: HENDRA HERMAWAN Nomor Resi : 030111617200 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL LOTUS 1 BLOK D9 PERUM TAMAN RAFLESIA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: PAUL SIHOMBING Nomor Resi : 030111617199 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL MAHONI RAYA NO 33 RT 08 RW 08 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: MUHAMMAD ZAKARIA Nomor Resi : 030111617198 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL TAMANSARI NO 20 Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: ALFISYAH Nomor Resi : 140210035521418 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : TANGERANG Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: IPUNG Nomor Resi : 140210035520518 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : JAKARTA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: RIMA MELANI Nomor Resi : 140210035522318 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : KUPANG Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: ADE SAMSUL Nomor Resi : ANA05183 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : TASIKMALAYA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: CAHYA CAESAR Nomor Resi : ANA04290 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: LINGGI MALIAN Nomor Resi : ANA04470 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: IMARAN AHMAD Nomor Resi : ANA04626 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAK Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: MAHESA ARIYANTO Nomor Resi : ANA0489 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA TIMUR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: RAHMAN DEWO Nomor Resi : ANA05023 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BEKASI Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: REZA MAGHIJN Nomor Resi : ANA05347 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BOGOR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: ARIFUDIN Nomor Resi : ANA05572 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: MUHAMMAD FAHMI Nomor Resi : ANA06008 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA PUSAT Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: CHRITIAN ANDRY Nomor Resi : ANA06251 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : KLATEN Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: M AFFAN GHAFFAR Nomor Resi : ANA06828 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: IQBALUL MUID Nomor Resi : ANA07481 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: RAJA PENANGGALAN Nomor Resi : ANA07631 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MEDAN Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: SURINAH Nomor Resi : ANA07825 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA TIMUR Tanggal : 16 Nov 2018
  • Nama: FERDIE JOHANES Nomor Resi : 16844332076 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAMBI Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: SANDY NANDA ESA Nomor Resi : 16844332089 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BEKASI Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: FAHRULLOH Nomor Resi : 16844332092 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PEKALONGAN Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: ADELIA NINGRUM Nomor Resi : 16844332109 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: IQBAL ALIBASYAH M Nomor Resi : 16844332112 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: ERNA YANI Nomor Resi : 16844332125 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PURWAKARTA Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: GANJAR PRASETYO Nomor Resi : 16844332170 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 15 Nov 2018
  • Nama: FARKHAN IBADI Nomor Resi : 16844332138 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PEKALONGAN Tanggal : 15 Nov 2018