Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar Lanjutkan Belanja
Added to Wishlist
OK

Masa Lalu: Bersastra dan Berpolitik

Diposkan: 11 Oct 2018 15:53:38 PM Dibaca: 906 kali


Oleh: Bandung Mawardi

 

Orang komunis adalah manusia jang mempunjai otak dan hati jang terbaik. Oleh karenanja kaum komunis tidak menarik garis pemisah antara kerdja politik dengan kerdja kebudajaan. Kedua-duanja mendjadi bagian dari kehidupan dalam kehangatan revolusioner sekarang maupun dimasa jang akan datang.

 

(DN Aidit, 1964)

 

 

Pada 1996, Benedict Anderson mengenang PKI pada masa 1950-an dan 1960-an. PKI terlibat perseteruan politik, seni, dan sastra. Ben Anderson menganggap “PKI juga terlalu mencari musuh.” Keputusan mencari musuh itu (kadang) tak perlu. Manikebu (Manifes Kebudajaan) bukan kelompok penting tapi PKI menjadikan sebagai musuh besar. Ben Anderson menjelaskan musuh besar PKI adalah konglomerat dan tentara, “tapi PKI tidak berani langsung menghadapi mereka.” PKI justru repot memusuhi Manikebu, berkonsekuensi muncul kesan “PKI selalu ingin menang sendiri” (Baskara TW, Menuju Demokrasi: Politik Indonesia dalam Perspektif Sejarah, 2001). Kita bisa membandingkan keterangan itu dengan membaca lagi pemikiran-pemikiran Njoto, Aidit, dan Soekarno pada masa 1960-an.

Njoto memberi sambutan dalam penerbitan buku kumpulan cerita berjudul Api ’26 (Jajasan Pembaruan, 1961). Buku memperingati pemberontakan PKI 1926. Lima cerita disajikan oleh Zubir AA, Agam Wispi, S Anantaguna, Sugiarti, dan T Iskandar SA. Njoto menjelaskan: “Orang-orang jang politiko-phobi mungkin akan berkeraskepala berkata, apa ini bukan kesusasteraan perintah? Mana ada kesusasteraan jang bukan karena perintah hati, dan mana ada hati berkata jang bukan karena perintah keadaan, perintah perdjuangan!” Sastra proletar atau sastra revolusioner sedang berhadapan sastra reaksioner. Njoto menugasi diri membesarkan pemikiran-pemikiran sastra revolusioner agar tak diremehkan.

baca juga: Menyimpan dan Mengunci Merah dalam Laci dan Ingatan

Situasi sastra Indonesia pada akhir 1940-an dan awal 1950-an teramat pelik. Para pengarang memiliki anutan ideologi dan estetika berbeda, gampang jadi sengketa. Pengumuman pokok-pokok bersastra di Surat Kepertjajaan Gelanggang dan Mukadimah Lekra (Lembaga Kebudajaan Rakjat) jadi penentu saling serang-terjang. Njoto menuduh kubu musuh adalah penganut “kesusasteraan nina-bobok” alias “kesusasteraan reaksioner.” Di kubu Lekra, sastra jadi penggugah dan pembangkit. Njoto berseru untuk membela sastra revolusioner melalui penerbitan Api’ 26 dari serangan para kritikus celaka: “Memang kesusasteraan ini kesusasteraan perintah, kesusasteraan politik, kesusasteraan sembojan: perintah, politik dan sembojan Tanah Air, Rakjat dan Revolusi!” Penerbitan dan penjelasan sastra revolusioner dimaksudkan bukti “kemenangan Lekra” berarti “kemenangan suatu azas, kemenangan Rakjat dan Revolusi itu sendiri.”  

Pada 27 Agustus-2 September 1964, CC PKI mengadakan Konfernas Sastra dan Seni Revolusioner (KSSR) di Jakarta. Ketua CC PKI DN Aidit memberi pidato panjang dan menantang. Aidit berkata: “Kita sekarang berkumpul untuk bertukar fikiran tentang sesuatu jang pelik, tetapi djuga menarik dan penting, tentang sastra dan seni. Mendiskusikan soal ini sekarang adalah amat penting bagi kehidupan bangsa dan bagi peningkatan perdjuangan revolusioner Rakjat kita.” Pembukaan itu mengesankan ambisi membara, menempatkan seni dan sastra sebagai penggerak dan pengisah revolusi. Seni dan sastra di naungan politik. Kabar kemenangan pun lekas diingat lagi: “Ketika Manikebu (Manifes Kebudajaan) muntjul, kaum Komunis seketika itu djuga melawannja dan tidak lama kemudian Manikebu dilarang oleh Presiden Soekarno atasnama pemerintah, dan tuntutan Rakjat supaja Manikebu diritul makin santer dan luas.” Kemenangan sastra revolusioner diperoleh, mendapat restu dari Soekarno. Apakah ekspresi itu ditafsirkan Ben Anderson sebagai “berlebihan” dalam mencari musuh (besar) dan kemenangan agar PKI dianggap penentu revolusi?

Kita menengok sejenak misi Manifes Kebudajaan sebelum dipatahkan oleh PKI. Di majalah Sastra, No 9-10, Tahun III, 1963, Wiratmo Soekito sajikan esai berjudul “Sastra Revolusioner”, berkaitan sejarah dan penjelasan Manifes Kebudajaan: “Dalam waktu belakangan ini banjak dibitjarakan masalah sastra revolusioner sebagai bagian mutlak Revolusi. Tetapi ukuran tentang apakah jang dinamakan sastra revolusioner itu menjadi kabur ketika terlihat suatu ‘alternatif’ antara sastra dan Revolusi, sehingga terdengar suara bahwa djika dipandang perlu maka sastra boleh ditinggalkan.” Perseteruan memang sengit. Pendefinisian dan pemahaman latar politik turut menentukan cara memberi kritik atau pembelaan. Penjelasan Wiratmo Soekito gamblang, representasi penganut humanisme universal. Pemunculan pelbagai pemikiran sastra sulit mengelak dari politik. Sebutan sastra, revolusi, politik, panglima, dan rakyat sering memicu polemik-polemik keras.

baca juga: Puisi-puisi Aditya Ardi N: A Tribute to Dangdut

Tulisan demi tulisan dan gerakan demi gerakan menentukan nasib kubu-buku sastra. Aidit menginginkan kubu sastra revolusioner selalu menang. Penjelasan politis sesuai garis partai: “Sampai tahun 1950 boleh dibilang PKI tidak memberikan pimpinan kepada perkembangan sastra dan seni revolusioner. Baru dalam tahun 1950, djadi sesudah revolusi menurun dan sudah banjak orang jang tadinja ambil bagian dalam revolusi meninggalkan revolusi atau sedang siap-siap untuk meninggalkan revolusi, kaum komunis tampil dengan mendirikan Lekra.” Pendirian Lekra dianggap “kemenangan daripada satu azas, merupakan bukti kesedaran dan kejakinan akan datangnja kemenangan.” Penggunaan ungkapan “kemenangan” mirip capaian memuaskan dalam perang atau permusuhan. Sastra dan seni ada dalam perang!

Pengesahan sastra revolusioner semakin menguat dengan kehadiran dan pidato Soekarno. Aidit ingin sastrawan revolusioner itu “berkepribadian dalam kebudajaan.” Pesan penting Aidit di hadapan para peserta KSSR, 27 Agustus 1964: “Untuk memiliki djiwa massa PKI menekankan pentingnja sastrawan dan seniman revolusioner terus-menerus membadjakan diri dan mendidik diri, sehingga mereka senantiasa berada dalam kehangatan api perdjuangan massa dan selalu meningkatkan pengetahuan baik tentang teori-teori revolusioner maupun tentang pentjiptaan sastra dan seni.” Di jagat sastra, para pengarang revolusioner tentu dianggap “terbaik”. Aidit berkata: “Sastrawan dan seniman revolusioner adalah pradjurit ideologi dan politik jang bersendjatakan ekspresi sepenuh hati jang artistik.” Aidit atau kaum sastra revolusioner tak ingin bergerak sendirian. Mereka memerlukan restu Soekarno. Aidit pun berseru di ujung pidato: “Hajo bersama Bung Karno kita bina kebudajaan jang berkepribadian nasional!”

Pada 1964-1965, sengketa sastra semakin membara. Penggunaan sebutan “ganjang” atau “pengganjangan” lumrah mengisahkan situasi sastra dan politik Indonesia. Penerbitan majalah dan buku sastra sering “panas”. Diskusi dan konferensi gampang bercap revolusioner atau reaksioner. Tulisan demi tulisan jadi pemicu polemik. Pidato demi pidato jadi sumber meneguhkan atau meruntuhkan ideologi dan estetika. Setahun berlalu dari pidato Aidit, Soekarno memberi pidato berjudul Bangunkan Kebudajaan Rakjat! saat peringatan setahun KSSR di Istana Negara, 26 Agustus 1965. Soekarno berkata: “Dengan saudara-saudara, kita membangun kebudajaan Indonesia baru. Dengan saudara-saudara, kita membangun kebudajaan Rakjat Indonesia, kebudajaan Rakjat Indonesia jang sedjati. Dengan saudara-saudara, kita kikis habis Manikebuisme.” Sekian tahun dengan tulisan dan pidato kita mengerti ada keterhubungan Njoto, Aidit, dan Soekarno dalam mengartikan sastra revolusioner. Mereka berbeda lagak bahasa tapi menjelaskan ada situasi sastra memanas di Indonesia. Tulisan dan pidato tiga tokoh tenar itu telah jadi sejarah.

Kini, kita membaca (lagi) sambil menguji penjelasan Ben Anderson. Barangkali keseriusan Lekra menghajar Manikebu mempengaruhi anggapan “terlalu mencari musuh.” Di lembaran sejarah sastra, kita membaca Lekra dan Manikebu bermusuhan. Kita mungkin agak ragu jika mulai menata lagi rangkaian tulisan, peristiwa, dan pidato pada masa 1950-an dan 1960-an. Sejarah tak cukup ditulis dengan konklusi satu sampai tiga kalimat. Begitu.

  •  

Bandung Mawardi

Penulis di pengedarbacaan.wordpress.com dan pengabarmasalalu.wordpress.com 

Penulis buku Ralat: Sastra Bergelimang Makna (2017), Pemetik Cerita (2017), Sepah Sahaja(2018), dan Omelan: Desa, Kampung, Kota (2018)



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

TESTIMONI

  • paketnya sudah sy terima. rasanya spt dpt harta karun jarang2 bisa dpt buku kyk gini. penjualnya sangat membantu dan responnya cepat sekali. terimakasih banyak. moga2 nanti bisa balik lagi n belanja disini.

    Arisnawaty
  • Terima kasih untuk promo beli 2 gratis 1 nya dan terima kasih pula untuk packing yang rapi dan bonus yang diberikan

    Eko Budi Prassetyo
  • Saya suka motto mu Kawan, "Membaca adalah Melawan!"

    Andreas
  • Recomended untuk kawan-kawan

    Ilyas
  • Tidak kemana2 tapi dari mana2 :) Good Job Berdikari

    Mutiara
  • Paket sampai sesuai dgn perkiraan waktu dan packaging rapi

    Nabila
  • Cepat sampai.. Cepat respon bagus pelayananny

    Amanda
  • paket sudah di twrima,packing rapih

    Budhie
  • Kapan-kapan bisa main langsung ke Berdikari ini

    Erik
  • paket rapi dan buku mendarat dengan aman. sepertinya bakal balik lagi ke berdikari book recommended untuk kawan- kawan mau belanja buku

    akbar
  • Belajar

    Abeng
  • Packaging rapi banget! Pelayanan cepat dan estimasi tepat. Koleksi buku juga banyak. Maju terus, Berdikari! Mari membaca untuk melawan!

    Nada
  • Barang sudah sampai, pelayanannya bagus dan cepat.

    Dena Diana Putri
  • Paket received,, tres bien berdikari

    Christy
  • Terimakasih berdikaribook.red paketnya sudah sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Buku2 yg dijual sangat recommended!!!

    Fikar
  • Benar-benar dunia membaca yang menggerakkan mulut saya untuk tidak bungkam!

    Fird
  • Paketnya sampun diterima.. Terimakasih

    Budz
  • Terima kasih berdikari book buku sudah sampai tepat 1hari (pagi yg miring kekanan) #membacaadalahamelawan

    Trad (Tradizione)
  • Bukunya sudah sampai, terimakasih Berdikari Book. Semoga ketersediaan bukunya semakin beragam. Membaca adalah melawan!!

    Andika agung gondo kusumo
  • Mantep! Tiba sesuai estimasi, respon oke.

    Osep Bana
  • Terima kasih, Berdikari Book. Kami jauh dari ujung atas Sumatera.. tapi bukunya sampai dengan cepat, aman & sentosa.. Ada bonus pembatas buku & stiker pula.. Berdikari Book semoga tetap Merdeka..!

    Irfan Morris
  • Paket buku mendarat dengan selamat. Terimakasih BerdikariBook

    Sinatrian Lintang Raharjo
  • Terimakasi berdikaribook, kayanya bakal balik lagi dah

    Niko Fajar
  • Buku udah nyampe, tpi sedikit penyet tapi sedap di baca

    Fany fatullah
  • Kalau sudah kirimkan uang , konfirmasinya bisa lewat wa ga?

    Burhanudin
  • Packingnya rapi banget. Bukunya ga ada lecet sedikitpu. Rekomended bgt buat yg nyari buku2 bersifat idealisme. Beli buku disini Dapat sticker keren pula.

    Ayu
  • Sudah 2x beli disini, sangat recomended! #MembacaAdalahMelawan

    Mr. A
  • Buku-bukunya keren-keren broh. Ketagihan kalo udah di web sini. Pasti.mau beli sesuatu...

    Docallisme
  • bukunya sudah mendarat dengan selamat, makasih admin.

    muslimah syawals
  • Buku sampai pada tujuan dengan baik.

    Fikri
  • Pengirimannya lama padahal sama-sama di Yogyakarta

    Anonim
  • Paket sudah sampai..terimah kasih

    Hengky.H
  • Syukak bukunya, Cepat di proses cepat juga datangnya

    Mulyy mustafa
  • Paket sudah diterima. Sesuai ekspetasi. Terimakasih atas bonusnya bydewey n_n

    Indra Kurniawan
  • Pelayanan sangat mantap

    Albert Aldo Hugo Kenneth Gultom
  • Thanks der, barangnye udah sampe, giting abis.

    Dimas
  • Pelayanan ramah, cepat, dan akurat. Packing rapih bngt, dan dpt free 1 buku tambahan, free sampul, free stiker. Bikin nagih beli lagi. Good job (y)

    Yusuf Wibowo
  • Pelayanan ramah, cepat, serta sistem website yang baik dalam memudahkan pembeli untuk mengecek barang yang dibelinya. Toko buku online Indonesia #1 yang pernah saya temui.

    Rafi Alifudin
  • Bukunya Sudah Sampai dengan Sangat cepat.... Terima Kasih Berdikari

    Fitra Sugiyono
  • Buku sudah saya terima, selalu suka sma packaging berdikari dan terimakasih stikernya

    Vischa
  • Mulai dari buku, pelayanan bahkan sampe pembungkus paketnya bikin nagih, wkwk. Gak sabar buat order lagi. Sukses terus berdikari book !

    Permata K.
  • Paket sampai sesuai jadwal dan packing rapi. Mantap. Suwun, dab!

    Komang Raditya Gunarsa
  • Keren buku2nya. Tidak akan mengecewakan

    Arief Setiawan
  • Barang sampe dengan selamat, makaseh berdikari jadi tongkrongan isinya ga push rank doang

    Maulana Yusuf
  • Bukunya sdh sampai.., packingnya juga bagus dan rapih, recomended untuk yang ingin menambah ilmunya dengan membaca

    andi
  • Mantab bener emang, paket yg dikirim bener2 rapi membuat semakin termotivasi untuk membaca. Panjang umur perjuangan bung!

    Rafli
  • Paket sudah sampai, Terimakasih berdikari book.

    Lannie
  • Buku dh sampe, cepet, rapi, bungkus unik. Trims

    Miqdad
  • Mantap gak harus nunggu lama buku cepet sampe , packing rapih

    Fiqih jati
  • Barang sudah sampai bung, Terima kasih berdikabook semoga bukunya bermanfaat. "Baca terus sampe mampus"

    Wirahadi Kusuma damar
  • Baca, Baca, Merdeka lah ! Paket Buku BBM-nya sudah sampai di bogor dengan selamat sentosa, packing nya rapih, prosesnya cepet, jadi ketagihan pengen order buku disini lagi. Mantap Bung!

    Topik
  • Paketnya sampai sesuai estimasi & di kemas secara apik. Keren. Membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca. Terima kasih Berdikari Book.

    Saiful
  • 2 hari nyampek tujuan dengan mulus bukunya

    Zulva
  • bukunya menarik", juga admin dan pelayanan di tempatnya sangat baik. recommended sekali.

    Rifky
  • Paket sudah saya terima,terimakasih

    Cahyani Aulia Hidayah
  • Paket bukunya sudah diterima dengan baik, Terima Kasih Berdikari Book, Makin sukses jaya dan makin lengkap opsi buku2nya.

    Nisa Basti
  • Bukunya sudah saya terima. Packing yang rapi, aman dan kalimat di sampulnya sangat menggugah untuk membaca, membaca dan terus membaca........ Terima kasih sudah dibantu untuk proses ulang pemesanan. Terima kasih....

    Danang Anggoro
  • Buku ini melebihi ekspektasi saya, bener bener bagus,saya merekomendasikan buat beli buku disini, karena pelayanan yang terbaik dan memuaskan. good job berdikari book!

    Sultan H
  • Buku yang dipesan datang tepat waktu, sukses selalu buat Berdikari Book!

    Mujahid
  • Mantap banget bung! Pelayanan yang memuaskan. Paling suka buku Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle.

    Widya Retno Palupi
  • Buku sudah sampai dengan selamat, dengan kondisi yang masih mulus, terima kasih

    Murdianto Dian
  • Pesanan saya sudah sampai. Terharu dan senang sekali rasanyaaaa :') pengirimannya cepat, packaging-nya menarik, waktu buka isinya.. Kaget. Banyak banget kertas-kertas kecilnya. Terima kasih, semoga sukses selalu dan semakin maju. ILYA♥

    Safira PN
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Buku udah nyampai,packing rapi. Bacaan memarik tentang pangan dan paket mengenal Tiongkok.

    Ikhsanrosyid
  • Rindu berdikari

    Resty Yasqi
  • Puas banget, packingnya rapih mantap deh

    AGUSTIO
  • Tepat waktu. Baru sampai dan balutan merah yang rapi. Tapi, tolong ijinkan saya sedikit menambahkan sebuah kata di salah satu stiker berdikaribook.red.

    Uncle Tob
  • Terima kasih paket sudah sampai dengan bonus-bonusnya

    Yose R
  • Sudah datang

    Amami
  • Paket sudah diterima komandan, kondisi rapi&memuaskan

    Erlian afna r
  • paket sampai dengan selamat sentosa.

    banu
  • terima kasih . buku mendarat dengan aman dan sempurna. semoga propaganda nya tersampaikan.

    D.N Aska
  • Bukunya keren , Selalu cepat pengirimanya ,

    YODA
  • Bukunya sudah sampai, terimakash luarbiasa ,

    Arya sidoarjo
  • Buku paketnya sudah sampai. Sungguh packing rapi dan diberi bonus stiker dan pembatas buku penyemangat buat baca. Salut, kerjanya cepat sekali! Bakal beli lagi deh...

    Michael Andrew
  • Terimakasih banyak, buku anarki panduan grafis nya sudah sampai dengan baik dan tepat waktu.. Sukses selalu berdikaribook.red

    Barokah Campaign
  • Buku-bukunya luar biasa. Membaca adalah melawan

    Fadiel Muhammad
  • Respon cepat, pengiriman cpt, pengemasan buku rapi, suka sama slogan" berdikari book...

    Ardila D Setyarsi
  • Salah satu toko buku on-Line di Indonesia yang dapat dipercaya. Terkait dengan ke-aslian (originalitas) buku, maupun kesesuain janji dalam setiap promo-promo-nya.....semoga Rahmat dan ke-Berkah-an dari Tuhan Yang Maha Esa tercurahkan pada kita semua (sinkretis -monoteis)...amin...

    Moch. Edy Purwanto
  • Terimakasih Berdikaribook

    Muhamad Aldi Sofyan
  • Bacalah! Suka atau tidak sukanya kamu terhadap suatu bacaan, setidaknya bacaan itu akan menambah kosa kata yang kamu miliki dan menambah pengetahuan kamu.

    Allief
  • Mantap uda nyampe packingnya juga rapi,, recomended banget dah !

    Alex Gregorius Dony
  • Packing rapi, cepat, dan responnya baik. Rekomended :)

    Muly
  • Terima kasih Berdikari Book, paket novel Arah Langkah ber-ttd sudah mendarat di rumah saya dengan tepat waktu beserta packaging yang rapi dan lucu

    Atika
  • Terlambat sadar, bahwa ada aplikasi yang menjual buku-buku keren dan fenomenal~

    Ajengaprl
  • Salam Hangat By' Timur oioi

    Timur oioi
  • Terimakasih... Nanti lagi...

    Telah mendarat selamat
  • Panjang umur BerdikariBook!

    Miftah Regyana
  • 1 hari pesan , besok sampai. Mantab bung, terimakasih untuk packing yg rapih dan beberapa hadiah dalam paketannya.

    Erick Estrada
  • Barang udah sampai, mendarat dengan mulus.

    Harrys D.
  • Sesuai ekspektasi. Packing mulus terbaek lah. . .

    Yoga Jalu
  • Suka banget. Packing rapih, waktu juga sesuai dengan perkiraan. Stiker dan pembatas bukunya juga keren bikin semangat baca. Makasih min

    Qaulan Syadida Azzahra
  • terima kasih bukunya suda saya terima.. recomended book store..

    vico
  • Akhirnya bukunya sampai juga... pelayanan bagus.. packing bagus.. disampulin pula... rekomendasi banget buat balik belanja di sini lagi..

    Muhammad Risal
  • Pelayanan cepat, packaging rapi, promo kupon Ramadhannya mantap. Mudik ditemani buku, heu heu.

    Avif
  • Terima masih,paketnya mendarat dengan rapi dan lancar,sukses terus berdikari

    Fikri Dhia
  • Harga yang ditawarken sangat menarik, sekali kesini jadi ingin kembali lagi Dan semoga literatur klasik dari tokoh-tokoh Marxis seperti Marx, Engels, Lenin, Luxemburg, Mao, dll segera distock kembali

    Fajar F
  • Puas banget dengan pelayanan BerdikariBook. Cepat dan adminnya pun ramah. Buku yang datang juga dalam kondisi bagus dan dapat banyak banget bonus pembatas buku dan stiker !! In syaa Allah bakal beli lagi di BerdikariBook

    Zet
  • Cepat di proses, tapi konfirmasi pembayaran ribet. Terus tidak ada tempat bua nanya nanya.

    Indra utamma
Cek Ongkir
Propinsi
Kabupaten
Kecamatan
Berat Gram
SHIPPING UPDATE
  • Nama: RIYAN RIDHA Nomor Resi : 16809317208 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MANOKWARI Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: SAHAL ANGLER Nomor Resi : 16809317191 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : DEMAK Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: DHIKY ARMADHANY Nomor Resi : 16809317175 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PADANG Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: MAULIA PRATIWI Nomor Resi : 16809317162 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : LEBAK Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: NOVIYANTI ULE Nomor Resi : 16809317159 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: IIS SUNARKO Nomor Resi : 16809317146 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : ROKAN HULU Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: LALU ADJI Nomor Resi : 16809317133 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: ACH RAUZI Nomor Resi : 16809317120 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SUKOHARJO Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: NATASHA SOEDIRYO Nomor Resi : 16809317117 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: PRAPASIA NINGMABING Nomor Resi : 16809317104 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: DAFFA FAKHRI Nomor Resi : 16809317097 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: JAELANI CHAFID Nomor Resi : 16809317084 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BLORA Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: SHERRYTA Nomor Resi : 16809317071 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA PUSAT Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: SINTA DEWI Nomor Resi : 16809317068 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CIAMIS Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: WILDAN YAHYA Nomor Resi : 16809317266 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANTUL Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: DEDE YULIANSYAH Nomor Resi : 140210031444718 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : PEMALANG Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: FIDA MUSTAGHFIROH Nomor Resi : 140210031089718 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : KUDUS Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: AZKA DZUFADEL Nomor Resi : 140210032407018 Jasa Pengiriman : JNE EXPRESS Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 20 Oct 2018
  • Nama: KEVIN HERI Nomor Resi : AML13960 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : TANGERANG SELATAN Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DITA DEWI Nomor Resi : AML14247 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANYUWANGI Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ACHMAD HARYA Nomor Resi : AML12543 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ALDY KURNIA Nomor Resi : AML12717 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BAYU AJI Nomor Resi : AML13750 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANYUMAS Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BAYU PUTRANDA Nomor Resi : AML12338 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SUKOLILO Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BAGUS Nomor Resi : AML14441 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: FAHMI RIZAL Nomor Resi : AML14855 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SIDOARJO Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: FARHAN AZZURI Nomor Resi : AML15051 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: MUHAMMAD ALFISYAH Nomor Resi : AML15988 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: AHMAD YUSUF Nomor Resi : AML16228 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ALIFA R Nomor Resi : AML16733 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : LAMPUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: MEISON AMIR Nomor Resi : AML16972 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: SAFAR BANGGAI Nomor Resi : 16809316705 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BAN Tanggal : 01 Jan 1970
  • Nama: DIASTIANA Nomor Resi : 16809316718 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANGUNTAPAN Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DEWA ALIT Nomor Resi : 16809316721 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DEWILA HUSEN Nomor Resi : 16809316734 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: DEDY WIJANARKO Nomor Resi : 16809316747 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SURABAYA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: SIVI QORIYULAN Nomor Resi : 16809316750 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PANDE Tanggal : 01 Jan 1970
  • Nama: FURKON NURUL Nomor Resi : 16809316763 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JOMBANG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: RIAG FARDANI Nomor Resi : 16809316776 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: ZIAL DAFFA Nomor Resi : 16809316789 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BIMA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: AMALIA NAZIHAH Nomor Resi : AMK58013 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: FERRY Nomor Resi : AMK58183 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAK Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: SYAHRUL MUNIR Nomor Resi : AMK58622 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: RIRIS SAPITRI Nomor Resi : AMK58793 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: BENI HERMAWAN Nomor Resi : AMK58980 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA UTARA Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: MIFTAHUSSALAM Nomor Resi : AMK59142 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ADHI Nomor Resi : AMK59299 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: FARIS NAUFAL Nomor Resi : AMK60155 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA SELATAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ILHAM SUJUD Nomor Resi : AMK60335 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SIDO Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: TAUFAN HARIYADI Nomor Resi : AMK60563 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA TIMUR Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: BAGUS Nomor Resi : 16809316169 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ANGGI FETIANA Nomor Resi : 16809316156 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : GRESIK Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: DAHLAN Nomor Resi : 16809316130 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANYUWANGI Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ADITYA DHARMA Nomor Resi : 16809316127 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : TABANAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: NOVIA AISYAH Nomor Resi : 16809316114 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: INDRA MAHATMA Nomor Resi : 16809316101 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: ARDHAN ISMAIL Nomor Resi : 16809316081 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: RIVERZONE KUADA Nomor Resi : 16809316078 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: FANDRI SUDARYANTO Nomor Resi : 16809316065 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SEM Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: OPIK RAHMADIANA Nomor Resi : 16809316052 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : KUNINGAN Tanggal : 18 Oct 2018
  • Nama: HAEDIR RHAMADHAN Nomor Resi : 16809316049 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : YOGYAKARTA Tanggal : 19 Oct 2018
  • Nama: INDRA ARDIANSYAH Nomor Resi : 16809316036 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BAN Tanggal : 01 Jan 1970
  • Nama: DARWIN ISKANDAR Nomor Resi : 030108549492 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SUTAN SYAHRIT 12A Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ANDERSON PARULIAN Nomor Resi : 030108549491 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PETA UTARA GG MESJID RT006/006 NO 48 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RIYALDI MAULANA Nomor Resi : 030108549490 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL NAGRONG 2 NO 36 RT03/08 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: BAGAS AULIA RAHMAN Nomor Resi : 030108549489 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL HABIPROYO NO 19 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: YUSUF RAIHAN Nomor Resi : 030108549488 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL MASJID BARU NO 45 RT7/1 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: WIWID WIDYANUARI PUTRA Nomor Resi : 030108549487 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL PETERONGAN TIMUR NO 335 RT4/6 KONTRAKAN BU SUSI Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: JUHRI JAELANI Nomor Resi : 030108549486 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : DUSUN BLOKSITU RT021/005 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: JUHRI JAELANI Nomor Resi : 030108549486 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERUM BUMI CIRUAS PERMAI 2 BLOK J3 NO 34 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MAULANA 18 Nomor Resi : 030108549485 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERUM BUMI CIRUAS PERMAI 2 BLOK J3 NO 34 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ARI WIJAYA Nomor Resi : 030108549484 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL RAWA BAMBU RT8/16 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: UTAMA MANDALA PUTRA Nomor Resi : 030108549483 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SIWORATU BLOK O NO 04 RT03 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: DANDY THIA SAKTI Nomor Resi : 030108549482 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL GAJAH 6 NO. 2A Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ANAS BAMBANG PRASETYO Nomor Resi : 030108549481 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : PERUM BCT BLOK B NO. 11 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MUHAMMAD GIAN NOVALDI Nomor Resi : 030108549480 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SENTOSA LR SRIRAYA 7 NO 85 RT42/15 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RAVIK RAHMAD Nomor Resi : 030108549479 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL SILIWANGI KP RAWA PANJANG RT03/05 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: DZAKY MUMTAZ Nomor Resi : 030108549478 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL BANGKA 3 NO 34 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RIANTO ADIYATMA Nomor Resi : 030108549477 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : JL HANGLUH 1 NO 12 Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: FANDI IFAN NUGROHO Nomor Resi : 0311586437 Jasa Pengiriman : TIKI Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: UJANG INDRIANTO Nomor Resi : 16809315472 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CIANJUR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: NOVRIZMAL Nomor Resi : 16809315468 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : PADANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ALFIA RAHMANDA Nomor Resi : 16809315442 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : SLEMAN Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MUHAMMAD FARGAN Nomor Resi : 16809315439 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: HILMI ABYANSYAH Nomor Resi : 16809315426 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : KUALA TANJUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: APRILIA WAHYUNI Nomor Resi : 16809315413 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : JAKARTA Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: SANSAN LIWINA Nomor Resi : 16809315400 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANDAR LAMPUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ARIS FUJIANTO Nomor Resi : 16809315520 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : CILACAP Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: DIMAS FAISAL Nomor Resi : 16809315517 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : BANYUMAS Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: AKNES Nomor Resi : 16809315504 Jasa Pengiriman : POS INDONESIA Kota Tujuan : MALANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ARIF Nomor Resi : 140210032941318 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: GITA MAHARDIKA Nomor Resi : 140210032920181 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : KUTA Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: TOMI JEPISA Nomor Resi : 140210032949518 Jasa Pengiriman : JNE Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: FANDER SIHITE Nomor Resi : AMK01904 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANDUNG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: FIJI Nomor Resi : AMK02059 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : JAKARTA TIMUR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: RAHMAT TAWAKKAL Nomor Resi : AMK02247 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: LUQMAN WIDIYANTO Nomor Resi : AMK02452 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : TANGERANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: MUH DARWIS Nomor Resi : AMK02595 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : MAKASSAR Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: JALU AGSAL Nomor Resi : AMK02956 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : SEMARANG Tanggal : 17 Oct 2018
  • Nama: ADE SURYA Nomor Resi : AMK06765 Jasa Pengiriman : WAHANA Kota Tujuan : BANJARMASIN Tanggal : 17 Oct 2018