Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar Lanjutkan Belanja
Added to Wishlist
OK

Melihat Buku Bekerja

Oleh: Aristayanu BK         Diposkan: 17 Jan 2019 14:00:56 PM Dibaca: 654 kali


Kita pasti mafhum bahwa kertas memiliki peranan penting saat diciptakan, bahwa buku –memiliki – (ke)penting(an) untuk diterbitkan bahkan dicetak berulang, bahwa setiap pembaca akan menemukan kutub-kutub tersendiri tanpa perlu diarahkan.

Pada halaman pertama di paragraf ke dua, Carlos María Domínguez menuliskan, “Buku mengubah takdir hidup orang-orang.” Sedangkan Ananda Badudu berpesan dalam buku Questioning Everything!; Kreativitas di Dunia yang Tidak Baik-baik Saja, “Ada dua cara ampuh untuk memahami isi kepala seseorang. Pertama, sambangi tempat ia tinggal dan lihat koleksi bukunya. kedua, luangkan waktu yang amat panjang dan ngobrol-lah dengan dia.”

Begitu luar biasanya benda bernama buku, dia memiliki proses panjang dalam penerbitannya. Belum lagi setelah terbit, bisa saja akan berakhir menjadi abu apabila buku dianggap menggangu ketertiban umum sebuah rezim.

baca juga: Dimensi Puisi dan Tahun Politik

Membaca La casa de papel yang telah diterjemahkan menjadi Rumah Kertas oleh Ronny Agustinus, Carlos María Domínguez menceritakan bagaimana buku mampu mengubah takdir seseorang hingga orang-orang yang mampu mengubah takdir sebuah buku. Mungkin pelaku-pelaku dunia perbukuan seperti penulis, penerbit, hingga pedagang buku akan sangat merasakan bagaimana sebuah buku akan mengubah takdir perjalanan panjang manusia di dunia.

Buku Mengubah Takdir Manusia

Dalam hemat saya, pembaca buku adalah mereka yang mampu mengubah takdir buku atau juga diubah takdirnya oleh buku. Pembaca buku adalah mereka yang diberkati privilese berupa uang dan waktu yang cukup atau bahkan sedikit berlebih. Dalam Rumah Kertas, Domínguez membuka jalan cerita dengan sebuah kejanggalan atau lebih tepat dikatakan sebagai kecerobohan. Bluma Lennon tewas ditabrak mobil saat membaca Poems karya Emily Dickinson yang dilanjutkan dengan tebaran cerita yang mengukuhkan bahwa buku mampu mengubah takdir manusia, bisa berupa kematian, kecelakaan, atau kebahagiaan.

Ben Anderson mengejawantahkan “...buku merupakan suatu objek yang berjatidiri, selesai-dalam-diri-nya-sendiri, direproduksi secara persis dalam sekala besar...setiap buku memiliki kecukupannya sendiri yang tergantikan.”, paparan ini mengejutkan saya saat menyadari pada kenyataannya peran besar buku tak dapat kita tiadakan. Keterwakilan kita saat membaca adalah kenyataan bahwa kebutuhan individu manusia, dunia yang kita jalani adalah tentang mendengar dan didengar. Sebuah paradoks bahwa manusia telah kehilangan ke-diri-annya, seperti yang disampaikan Carl G. Jung bahwa manusia menjadikan dirinya semacam quantité négligeable yang telah kehilangan pembandingan yang berarti bagi dirinya.

baca juga: Gerak Industri “Penerbit Jogja” pada Dua Zaman

Di masa hidup kita sekarang, bukan kita yang menginginkan adanya keterwakilan, hanyalah persoalan waktu tentang bagaimana kita dapat memastikan apa yang ada di dalam akal budi kita sebagai manusia. Sama seperti murid dan guru, sejatinya keduanya adalah sama sebagai individu, yang membedakan adalah mereka yang disebut sebagai guru sudah terlebih dahulu mempelajari apa yang kemudian dipelajari oleh seorang murid. Maka meniadakan peran penting itu—guru—adalah sebuah hal yang biasa karena memang pengetahuan membutuhkan sebuah medium untuk merambat dan menjalar ke dalam otak kita untuk kemudian menjadi sebuah sistem berpikir yang runut dan taktis.

Sama halnya sebuah buku, ia hanyalah sebuah medium yang membantu pengetahuan merambat dan menjalar menyentuh otak kita.Bukan buku yang mengubah takdir manusia, tapi manusia yang mengubah takdirnya sendiri atas kemauannya, sama seperti Bluma yang memilih mati ditabrak mobil saat membaca Emily Dickinson (p.47).

Manusia Mengubah Takdir Buku

Di halaman ke-57, pada paragraf pertama di kalimat yang terakhir Domínguez menuliskan, “Orang-orang rupanya juga bisa mengubah takdir buku” setelah perjalan panjang kita mencari asal muasal kedatangan La línea de sombra bersampulkan kotoran berkerak yang pinggiran paginanya berlapis partikel semen. Buku yang datang kepada Bluma membuat gusar pikiran tokoh ‘Aku’ akan pemilik buku itu yang ternyata adalah Carlos Braurer. Bukan buku itu yang akhirnya mempengaruhi pikirannya, tapi rasa penasarannya akan sosok pengirim buku itu.

baca juga: Menggumam Seperti Goenawan Mohamad

Buku adalah salah satu barang yang tidak pernah berhenti membuat resah, entah dicuri, diplagiasi, atau bahkan menebarkan ideologi tertentu. Pantas saja bahwa selalu ada rezim yang anti terhadap buku. Tentu penguasa rezim itu bukan seorang yang bodoh, tapi dengan pengetahuan yang ia miliki, ia ingin memonopoli pengetahuan salah satunya melalui pelarangan dan penghancuran buku.

Di Indonesia, pelarangan dan penghancuran buku hampir tak pernah absen. Di era kepemimpinan Jokowi, Jokowi Undercover menjerumuskan penulisnya pada permasalahan. Era Sukarno juga demikian, ia melibas Hoakiau yang ditulis Pramoedya Ananta Toer, yang setelahnya ia mengesahkan Undang-Undang No 4/PNPS Tahun 1963 tentang Pengamanan terhadap Barang-barang Cetakan yang Isinya Dapat Mengganggu Ketertiban Umum. Soeharto dengan Orde Barunya pun tak terlewat, ia memberangus banyak media maupun buku yang kebanyakan dianggap ‘kiri’.

Melihat aparat negara bekerja merazia buku akhir-akhir ini membawa saya pada ingatan tentang Orde Baru dari literartur yang saya baca. Mereka merazia buku yang mengandung kiri, merah, Aidit, 1965, dan G30S. Apa yang sedang mereka amankan dari geliatnya? Mengamankan kehormatan hantu tercinta, mungkin. Maaf sekadar mengingatkan, UU No 4/PNPS Tahun 1963 sudah dihapus pada 2010 karena bertentangan dengan UUD 1945.

baca juga: Menengok Papua Lewat Buku

Buku tak pernah berhenti membikin mereka cemas, ketakutan akan ketidaktahuan tampak nyata pada mereka. Mari setelah ini kita membaca kembali dan melihat buku bekerja.

  •  

Judul: Rumah Kertas

Penulis: Carlos María Domínguez

Penerjemah: Ronny Agustinus

Penerbit: Marjin Kiri

Tebal: vi+76 halaman

  •  

Apabila Anda berminat untuk mengirim tulisan, sila baca syarat dan ketentuan mengirim tulisan.



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

TESTIMONI

  • paketnya sudah sy terima. rasanya spt dpt harta karun jarang2 bisa dpt buku kyk gini. penjualnya sangat membantu dan responnya cepat sekali. terimakasih banyak. moga2 nanti bisa balik lagi n belanja disini.

    Arisnawaty
  • Terima kasih untuk promo beli 2 gratis 1 nya dan terima kasih pula untuk packing yang rapi dan bonus yang diberikan

    Eko Budi Prassetyo
  • Saya suka motto mu Kawan, "Membaca adalah Melawan!"

    Andreas
  • Recomended untuk kawan-kawan

    Ilyas
  • Tidak kemana2 tapi dari mana2 :) Good Job Berdikari

    Mutiara
  • Paket sampai sesuai dgn perkiraan waktu dan packaging rapi

    Nabila
  • Cepat sampai.. Cepat respon bagus pelayananny

    Amanda
  • paket sudah di twrima,packing rapih

    Budhie
  • Kapan-kapan bisa main langsung ke Berdikari ini

    Erik
  • paket rapi dan buku mendarat dengan aman. sepertinya bakal balik lagi ke berdikari book recommended untuk kawan- kawan mau belanja buku

    akbar
  • Belajar

    Abeng
  • Packaging rapi banget! Pelayanan cepat dan estimasi tepat. Koleksi buku juga banyak. Maju terus, Berdikari! Mari membaca untuk melawan!

    Nada
  • Barang sudah sampai, pelayanannya bagus dan cepat.

    Dena Diana Putri
  • Paket received,, tres bien berdikari

    Christy
  • Terimakasih berdikaribook.red paketnya sudah sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Buku2 yg dijual sangat recommended!!!

    Fikar
  • Benar-benar dunia membaca yang menggerakkan mulut saya untuk tidak bungkam!

    Fird
  • Paketnya sampun diterima.. Terimakasih

    Budz
  • Terima kasih berdikari book buku sudah sampai tepat 1hari (pagi yg miring kekanan) #membacaadalahamelawan

    Trad (Tradizione)
  • Bukunya sudah sampai, terimakasih Berdikari Book. Semoga ketersediaan bukunya semakin beragam. Membaca adalah melawan!!

    Andika agung gondo kusumo
  • Mantep! Tiba sesuai estimasi, respon oke.

    Osep Bana
  • Terima kasih, Berdikari Book. Kami jauh dari ujung atas Sumatera.. tapi bukunya sampai dengan cepat, aman & sentosa.. Ada bonus pembatas buku & stiker pula.. Berdikari Book semoga tetap Merdeka..!

    Irfan Morris
  • Paket buku mendarat dengan selamat. Terimakasih BerdikariBook

    Sinatrian Lintang Raharjo
  • Mantab bung, nggak pernah mengecewakan.

    Ridho
  • Terimakasi berdikaribook, kayanya bakal balik lagi dah

    Niko Fajar
  • Buku udah nyampe, tpi sedikit penyet tapi sedap di baca

    Fany fatullah
  • Kalau sudah kirimkan uang , konfirmasinya bisa lewat wa ga?

    Burhanudin
  • Packingnya rapi banget. Bukunya ga ada lecet sedikitpu. Rekomended bgt buat yg nyari buku2 bersifat idealisme. Beli buku disini Dapat sticker keren pula.

    Ayu
  • Sudah 2x beli disini, sangat recomended! #MembacaAdalahMelawan

    Mr. A
  • Buku-bukunya keren-keren broh. Ketagihan kalo udah di web sini. Pasti.mau beli sesuatu...

    Docallisme
  • bukunya sudah mendarat dengan selamat, makasih admin.

    muslimah syawals
  • Buku sampai pada tujuan dengan baik.

    Fikri
  • Pengirimannya lama padahal sama-sama di Yogyakarta

    Anonim
  • Paket sudah sampai..terimah kasih

    Hengky.H
  • Syukak bukunya, Cepat di proses cepat juga datangnya

    Mulyy mustafa
  • Paket sudah diterima. Sesuai ekspetasi. Terimakasih atas bonusnya bydewey n_n

    Indra Kurniawan
  • Pelayanan sangat mantap

    Albert Aldo Hugo Kenneth Gultom
  • Thanks der, barangnye udah sampe, giting abis.

    Dimas
  • Pelayanan ramah, cepat, dan akurat. Packing rapih bngt, dan dpt free 1 buku tambahan, free sampul, free stiker. Bikin nagih beli lagi. Good job (y)

    Yusuf Wibowo
  • Pelayanan ramah, cepat, serta sistem website yang baik dalam memudahkan pembeli untuk mengecek barang yang dibelinya. Toko buku online Indonesia #1 yang pernah saya temui.

    Rafi Alifudin
  • Bukunya Sudah Sampai dengan Sangat cepat.... Terima Kasih Berdikari

    Fitra Sugiyono
  • Buku sudah saya terima, selalu suka sma packaging berdikari dan terimakasih stikernya

    Vischa
  • Mulai dari buku, pelayanan bahkan sampe pembungkus paketnya bikin nagih, wkwk. Gak sabar buat order lagi. Sukses terus berdikari book !

    Permata K.
  • Paket sampai sesuai jadwal dan packing rapi. Mantap. Suwun, dab!

    Komang Raditya Gunarsa
  • Keren buku2nya. Tidak akan mengecewakan

    Arief Setiawan
  • Barang sampe dengan selamat, makaseh berdikari jadi tongkrongan isinya ga push rank doang

    Maulana Yusuf
  • Bukunya sdh sampai.., packingnya juga bagus dan rapih, recomended untuk yang ingin menambah ilmunya dengan membaca

    andi
  • Mantab bener emang, paket yg dikirim bener2 rapi membuat semakin termotivasi untuk membaca. Panjang umur perjuangan bung!

    Rafli
  • Paket sudah sampai, Terimakasih berdikari book.

    Lannie
  • Buku dh sampe, cepet, rapi, bungkus unik. Trims

    Miqdad
  • Mantap gak harus nunggu lama buku cepet sampe , packing rapih

    Fiqih jati
  • Barang sudah sampai bung, Terima kasih berdikabook semoga bukunya bermanfaat. "Baca terus sampe mampus"

    Wirahadi Kusuma damar
  • Baca, Baca, Merdeka lah ! Paket Buku BBM-nya sudah sampai di bogor dengan selamat sentosa, packing nya rapih, prosesnya cepet, jadi ketagihan pengen order buku disini lagi. Mantap Bung!

    Topik
  • Paketnya sampai sesuai estimasi & di kemas secara apik. Keren. Membangkitkan kesadaran akan pentingnya membaca. Terima kasih Berdikari Book.

    Saiful
  • 2 hari nyampek tujuan dengan mulus bukunya

    Zulva
  • bukunya menarik", juga admin dan pelayanan di tempatnya sangat baik. recommended sekali.

    Rifky
  • Paket sudah saya terima,terimakasih

    Cahyani Aulia Hidayah
  • Paket bukunya sudah diterima dengan baik, Terima Kasih Berdikari Book, Makin sukses jaya dan makin lengkap opsi buku2nya.

    Nisa Basti
  • Bukunya sudah saya terima. Packing yang rapi, aman dan kalimat di sampulnya sangat menggugah untuk membaca, membaca dan terus membaca........ Terima kasih sudah dibantu untuk proses ulang pemesanan. Terima kasih....

    Danang Anggoro
  • Buku ini melebihi ekspektasi saya, bener bener bagus,saya merekomendasikan buat beli buku disini, karena pelayanan yang terbaik dan memuaskan. good job berdikari book!

    Sultan H
  • Buku yang dipesan datang tepat waktu, sukses selalu buat Berdikari Book!

    Mujahid
  • Mantap banget bung! Pelayanan yang memuaskan. Paling suka buku Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle.

    Widya Retno Palupi
  • Buku sudah sampai dengan selamat, dengan kondisi yang masih mulus, terima kasih

    Murdianto Dian
  • Pesanan saya sudah sampai. Terharu dan senang sekali rasanyaaaa :') pengirimannya cepat, packaging-nya menarik, waktu buka isinya.. Kaget. Banyak banget kertas-kertas kecilnya. Terima kasih, semoga sukses selalu dan semakin maju. ILYA♥

    Safira PN
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Terima kasih banyak, bung. Paket bukunya sudah sampai dengan cepat & rapi. Sangat memuaskan. Seperti mendapat harta karun pengetahuan.. Thank you juga bonusnya ya, Kawan.. sekali lagi, terima kasih banyak..!

    Irfan Morris
  • Buku udah nyampai,packing rapi. Bacaan memarik tentang pangan dan paket mengenal Tiongkok.

    Ikhsanrosyid
  • Rindu berdikari

    Resty Yasqi
  • Puas banget, packingnya rapih mantap deh

    AGUSTIO
  • Tepat waktu. Baru sampai dan balutan merah yang rapi. Tapi, tolong ijinkan saya sedikit menambahkan sebuah kata di salah satu stiker berdikaribook.red.

    Uncle Tob
  • Terima kasih paket sudah sampai dengan bonus-bonusnya

    Yose R
  • Sudah datang

    Amami
  • Paket sudah diterima komandan, kondisi rapi&memuaskan

    Erlian afna r
  • paket sampai dengan selamat sentosa.

    banu
  • terima kasih . buku mendarat dengan aman dan sempurna. semoga propaganda nya tersampaikan.

    D.N Aska
  • Bukunya keren , Selalu cepat pengirimanya ,

    YODA
  • Bukunya sudah sampai, terimakash luarbiasa ,

    Arya sidoarjo
  • Buku paketnya sudah sampai. Sungguh packing rapi dan diberi bonus stiker dan pembatas buku penyemangat buat baca. Salut, kerjanya cepat sekali! Bakal beli lagi deh...

    Michael Andrew
  • Terimakasih banyak, buku anarki panduan grafis nya sudah sampai dengan baik dan tepat waktu.. Sukses selalu berdikaribook.red

    Barokah Campaign
  • Buku-bukunya luar biasa. Membaca adalah melawan

    Fadiel Muhammad
  • Respon cepat, pengiriman cpt, pengemasan buku rapi, suka sama slogan" berdikari book...

    Ardila D Setyarsi
  • Salah satu toko buku on-Line di Indonesia yang dapat dipercaya. Terkait dengan ke-aslian (originalitas) buku, maupun kesesuain janji dalam setiap promo-promo-nya.....semoga Rahmat dan ke-Berkah-an dari Tuhan Yang Maha Esa tercurahkan pada kita semua (sinkretis -monoteis)...amin...

    Moch. Edy Purwanto
  • Terimakasih Berdikaribook

    Muhamad Aldi Sofyan
  • Bacalah! Suka atau tidak sukanya kamu terhadap suatu bacaan, setidaknya bacaan itu akan menambah kosa kata yang kamu miliki dan menambah pengetahuan kamu.

    Allief
  • Mantap uda nyampe packingnya juga rapi,, recomended banget dah !

    Alex Gregorius Dony
  • Packing rapi, cepat, dan responnya baik. Rekomended :)

    Muly
  • Terima kasih Berdikari Book, paket novel Arah Langkah ber-ttd sudah mendarat di rumah saya dengan tepat waktu beserta packaging yang rapi dan lucu

    Atika
  • Terlambat sadar, bahwa ada aplikasi yang menjual buku-buku keren dan fenomenal~

    Ajengaprl
  • Salam Hangat By' Timur oioi

    Timur oioi
  • Terimakasih... Nanti lagi...

    Telah mendarat selamat
  • Panjang umur BerdikariBook!

    Miftah Regyana
  • 1 hari pesan , besok sampai. Mantab bung, terimakasih untuk packing yg rapih dan beberapa hadiah dalam paketannya.

    Erick Estrada
  • Barang udah sampai, mendarat dengan mulus.

    Harrys D.
  • Sesuai ekspektasi. Packing mulus terbaek lah. . .

    Yoga Jalu
  • Suka banget. Packing rapih, waktu juga sesuai dengan perkiraan. Stiker dan pembatas bukunya juga keren bikin semangat baca. Makasih min

    Qaulan Syadida Azzahra
  • terima kasih bukunya suda saya terima.. recomended book store..

    vico
  • Akhirnya bukunya sampai juga... pelayanan bagus.. packing bagus.. disampulin pula... rekomendasi banget buat balik belanja di sini lagi..

    Muhammad Risal
  • Pelayanan cepat, packaging rapi, promo kupon Ramadhannya mantap. Mudik ditemani buku, heu heu.

    Avif
  • Terima masih,paketnya mendarat dengan rapi dan lancar,sukses terus berdikari

    Fikri Dhia
  • Harga yang ditawarken sangat menarik, sekali kesini jadi ingin kembali lagi Dan semoga literatur klasik dari tokoh-tokoh Marxis seperti Marx, Engels, Lenin, Luxemburg, Mao, dll segera distock kembali

    Fajar F
  • Puas banget dengan pelayanan BerdikariBook. Cepat dan adminnya pun ramah. Buku yang datang juga dalam kondisi bagus dan dapat banyak banget bonus pembatas buku dan stiker !! In syaa Allah bakal beli lagi di BerdikariBook

    Zet

PAYMENT METHOD

Image result for logo logo bank    Image result for logo logo bank bri png
Image result for logo bank mandiri png   Hasil gambar untuk logo alfamart png
 

SHIPPING METHOD

Image result for logo tiki png   Image result for logo pos png


Image result for logo wahana png   

MOBILE APPS

Related image

Related image

MARKETPLACE

Image result for logo shopee png
Image result for logo marketplace shopee tokopedia bukalapak png
Related image